26 Balita Sijunjung Ikuti Kompetisi

id #Lomba Beliita Sehat #Sijunjung

26 Balita Sijunjung Ikuti Kompetisi

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin di tengah-tengah kaum dan belita seusai buka lomba belita sehat. Rabu (26/7). (c)

Muaro (Antarasumbar) Sebanyak 26 balita di Kabupaten Sijunjung ikut kompetisi Balita Sehat yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung, guna rangka meningkatkan pemantauan tumbuh kembang anak.

Kegiatan yang dipusatkan di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro, 26 Juli 2017, dihadiri langusng Bupati Sijunjung, Ketua DPRD, Ketua TP PKK, Ketua GOW, Kepala OPD dan Undangan.

Dalam laporan panitia pelaksana oleh Kepala Dinas Kesehatan, drg.Ezwandra.M.Sc menyampaikan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan kompetisi balita untuk pembinaan kesehatan anak yang diarahkan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental serta sosial anak sejak dalam kandungan.

Kemudian meningkatkan kualitas tumbuh kembang anak usia 0-6 tahun dengan membina kemampuan dasar sedini mungkin sehingga anak dapat tumbuh dan berkambang secara optimal.

"Dengan adanya lomba akan melahirkan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Adapun peserta yang dilibatkan merupakan pemenang dari masing-masing seleksi utusan dari 13 Puskesmas se-Kabupaten Sijunjung," katanya.

Kategori I, umur 6-24 bulan dan kategori II, umur 25-59 bulan, peserta kategori I berjumlah 13 anak dan kategori II sebanyak 13 anak mereka, jelas Ezwandra.

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin dalam arahannya menyampaikan upaya membangun manusia seutuhnya harus dimulai sedini dan seawal mungkin melalui kegiatan kesehatan ibu dan anak.

Tujuannya agar usia balita ditujukan untuk melindungi anak dari ancaman kematian dan kesakitanyang membawah cacat serta membina dan membekali potensinya menjadi manusia sehat, berkualitas dan tangguh.

"Seorang ibu harus bisa menjadi duta bagaimana mencetak bayi dan balita sehat, karena menjadi cerdas modalnya harus sehat terlebih dahulu," imbauannya.

Dengan adanya lomba ini kiranya dapat memotivasi semua pihak untuk memberikan perhatian besar terhadap anak. Salah satunya yang dilakukan adalah Lomba Balita Sehat yang sudah merupakan program Nasional, selamat kepada pemenang nantinya, kiranya dapat mencapai prestasi yang baik ditingkat Provinsi Sumatera Barat mewakili Kabupaten Sijunjung.*