Pemkab Tanah Datar Tingkatkan Sumber Daya Aparatur Bidang Arsip

id Arsip

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar, Sumatera Barat berupaya meningkatkan sumber daya manusia aparatur sipil negara di bidang kearsipan.

"Banyak aparatur pemerintah yang menganggap bahwa bidang arsip merupakan hal yang kurang penting, padahal sebenarnya arsip mempunyai peranan penting dan vital," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanah Datar, Marwan pada acara pelatihan kearsipan bagi ASN daerah itu di Batusangkar, Jumat.

Ia menyebutkan pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman ASN tentang pentingnya arsip bagi pelaksanaan pekerjaan pada satuan kerja organisasi perangkat daerah masing-masing.

"Petugas pengelola arsip merupakan orang sangat vital di masing-masing OPD, kita tak bisa bayangkan bagaimana kacaunya ruangan dan pekerjaan bila tidak ada petugas arsip yang menyimpannya dengan baik," tambahnya.

Marwan mengemukakan kebiasaan ASN dalam mengelola arsip harus diubah untuk lebih teratur dan lebih baik lagi.

Sekarang arsip masih melekat kepada pajabat pembuatnya, sehingga ketika terjadi mutasi atau rotasi, arsip tersebut tidak diserahkan ke pejabat baru sehingga mengalami kesulitan memulai pekerjaan, ujarnya.

Untuk meningkatkan SDM aparatur kearsipan, pihaknya dalam waktu dekat akan melaksanakan pelatihan dan bimbingan teknis dengan narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

"Penjelasan narasumber dari ANRI ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan aparatur kearsipan di Tanah Datar yang telah ditetapkan melalui SK Bupati untuk bekerja lebih baik," sebutnya.

Pada kesempatan itu, peserta pelatihan melakukan peninjauan ke Depo Arsip Tanah Datar untuk dapat serupa di OPD masing-masing. (*)