Bunda Paud : Keluarga Cerminan Masa Depan Anak

id Nevi Irwan Prayitno

Bunda Paud : Keluarga Cerminan Masa Depan Anak

Nevi Irwan Prayitno. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Sumatera Barat Nevi Irwan Prayitno mengatakan keluarga merupakan cerminan masa depan anak.

"Hal itu dikarenakan karakter anak ditentukan dan dipengaruhi oleh pola pengasuhan keluarga dan lingkungan," ujarnya dalam acara hari anak nasional tingkat Sumbar di Padang, Jumat.

Keluarga, katanya merupakan tempat awal mula kematangan individu dan struktur kepribadian anak.

"Sehingga pengasuhan yang baik dari keluarga akan menentukan seperti apa anak di masa depan," ujarnya.

Oleh karena itu, ujarnya keluarga dan guru diharapkan dapat bekerjasama dalam rangka mendidik dan membimbing anak, karena anak akan menjadi tumpuan di masa depan.

"Anak-anak dapat dibekali keimanan, kepribadian, kecerdasan, keterampilan, jiwa dan semangat kebangsaan," katanya.

Dengan demikian, katanya anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mandiri, cerdas, ceria, kreatif, luhur dan sebagainya.

Hari anak nasional tingkat provinsi Sumbar tersebut diikuti oleh lebih kurang seribu anak dengan berbagai kegiatan diantaranya senam sehat, lomba menggambar dan kegiatan lainnya yang menunjang kreativitas anak.

Sebelumnya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise mengatakan perlindungan anak dari berbagai ancaman kekerasan dan diskriminasi haruslah dimulai dari keluarga.

"Keluarga merupakan awal mula pembentukan kematangan individu dan struktur kepribadian seorang anak, anak akan mengikuti dan mencontoh orang tua dengan berbagai kebiasaan dan perilaku," katanya.

Yohana berharap pada peringatan Hari Anak Nasional kali ini dapat membangun kesadaran keluarga Indonesia agar dapat mengasuh anak dengan penuh tanggung jawab. (*)