Warga Sumbar Gelar Aksi Solidaritas untuk Palestina

id Aksi Solidaritas Palestina

Warga Sumbar Gelar Aksi Solidaritas untuk Palestina

Ribuan warga yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Sumbar Peduli Al-Aqsho Palestina menggelar aksi solidaritas berupa berjalan kaki dan penggalangan dana untuk kemanusiaan di Kota Padang, Jumat (28/7). (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Ribuan orang yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Sumbar Peduli Al-Aqsho Palestina menggelar aksi solidaritas di Kota Padang, berupa berjalan kaki dan penggalangan dana untuk kemanusiaan.

Aksi warga itu membawa bendera Palestina berbagai ukuran dan spanduk bertuliskan"Bebaskan Al-Aqsha" berjalan kaki dari Masjid Agung Nurul Iman menuju Kantor Gubernur Sumatera Barat di Jalan Jenderal Sudirman Padang, Jumat.

Ketua Komite Nasional untuk Rakyat Palestina Perwakilan Sumbar Mulyadi dalam orasinya mengatakan Israel telah melakukan tindakan pembatasan kepada umat Islam dalam menjalankan ibadah.

"Hal ini merupakan tindakan melanggar Hak Asasi Manusia (HAM) kami umat Islam mengutuk keras tindakan tentara Israel," kata dia.

Menurut dia aksi ini merupakan bentuk solidaritas untuk mendukung umat Islam di Palestina. Hal ini akan menunjukan kepada Israel bahwa umat Islam di seluruh dunia khususnya Sumatera Barat tidak akan diam terhadap tindakan represif tentara Israel kepada umatIslam di Palestina.

Aksi tersebut diakhiri dengan pengumpulan dana dan pembacaan doa untuk umat Islam Palestina.

"Dana yang berhasil dikumpulkan saat aksi mencapai Rp200 juta," kata dia

Sementara anggota DPRD Sumbar dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Irsyad Safar yang turut dalam aksi itu mengatakan saat ini masih ada negara yang masih melakukan penjajahan yakni Israel. Mereka membatasi warga Palestina yang berumur 18 tahun untuk beribadah.

"Selain itu, Israel juga menodongkan senjata kepada umat Islam saat beribadah di Masjid Aqso," kata dia.

Apabila hal ini tetap dibiarkan maka Israel akan terus menjajah Palestina dan melakukan aksi tidak terpuji.

Aksi ini merupakan bentuk penyampaian protes kepada Israel melalui Pemerintah Provinsi Sumbar.

Ia berharap aksi ini dapat dilihat oleh negara-negara lain khususnya Israel sehingga mereka berhenti melakukan penjajahan kepada umat Islam Palestina

Sementara perwakilan Pemprov Sumbar Raflis mengatakan bahwa pemprov sangat mendukung aksi solidaritas ini dan akan disampaikan kepada Gubernur Sumbar.

"Kami akan segera sampaikan aspirasi dari peserta aksi kepada Gubernur untuk segera disikapi," kata dia. (*)