Pemkab Solok Gelar Bimtek Usaha Kesehatan Sekolah

id Bimtek UKS

Pemkab Solok Gelar Bimtek Usaha Kesehatan Sekolah

Bupati Solok, Gusmal mengalungkan tanda peserta Bimtek UKS/M secara simbolik. (Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Arosuka, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat menggelar bimbingan teknis Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) guna meningkatkan kemampuan pelaksana UKS dalam menciptakan lingkungan yang sehat bagi peserta didik.

Ketua Pelaksana, Noviarman di Arosuka, Jumat (28/7), mengatakan selain aparatur UKS bimtek juga mengikutkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, dan sekolah pemenang lomba usaha kesehatan sekolah Kabupaten Solok 2017 dengan peserta sebanyak 42 orang.

Ia menyampaikan melalui bimtek ini diharapkan pengelola UKS, UKS Madrasyah dan pembina UKS dapat lebih memahami ketentuan dan peraturan tentang tata kelola pelaksanaan usaha kesehatan sekolah.

Dengan demikian lebih bisa mempersiapkan sekolah yang nantinya akan dinilai tim provinsi.

Bupati Solok Gusmal mengatakan tujuan dilaksanakannya bimtek UKS bagi aparatur UKS agar dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam melaksanakan program UKS di sekolah.

Sedangkan lomba sekolah sehat yang diselenggarakan setiap tahun bertujuan tidak hanya sekedar persaingan menjadi juara, tetapi untuk membudayakan hidup bersih dan sehat kepada siswa serta lingkungan.

Ia meminta OPD terkait agar dapat meningkatkan pembinaan dan melakukan koordinasi sehingga tidak terjadi tumpang tindih penanganan masalah UKS di lapangan.

Sekolah juga diminta melakukan koordinasi melibatkan komite sekolah, puskesmas, dan masyarakat di sekitar sekolah sehingga lingkungan yang bersih dan sehat dapat diwujudkan. (*)