15 Unit Rumah di Dharmasraya Terbakar

id kebakaran

15 Unit Rumah di Dharmasraya Terbakar

Kebakaran terjadi di Pasar Lama Pulau Punjung, Nagari IV Koto Pulau Punjung, Dharmasraya, menyebabkan 15 unit rumah warga hangus terbakar, Sabtu malam (29/7). Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut. (Antara Sumbar/Ilka Jensen)

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Sebanyak 15 unit rumah di Pasar Lama Pulau Punjung, Nagari IV Koto Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, ludes terbakar sekitar pukul 18.30 Wib.

Wali Nagari IV Koto Pulau Punjung, Kecamatan Pulau Punjung, David Efendi, di Pulau Punjung, Sabtu, membenarkan peristiwa tersebut.

"Api baru berhasil dipadamkan setelah tim pemadam kebakaran dari Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Dharmasraya dibantu warga sekitar 1 jam 45 menit setelah kejadian," ujarnya.

Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut. Namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Ia mengatakan sekitar 90 persen isi rumah yang terbakar tidak terselamatkan, karena api begitu cepat membesar dan menyambar rumah warga lainnya.

Tim dari Kepolisian Resor Dharmasraya saat ini sudah berada di tempat kejadian perkara untuk melakukan penyelidikan penyebab terjadinya kebakaran.

"Terkait penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian, namun polisi sudah memasang garis pembatasan polisi atau police line," ujarnya.

Salah seorang saksi mata, Baron (29) mengatakan peristiwa tersebut bermula hanya membakar dua unit rumah warga. Namun dengan cepatnya api menyambar ke rumah lainnya sehingga belasan rumah ikut terbakar.

"Saat saya baru selesai sholat maghrib api baru membakar dua rumah, namun secara cepat api menyambar ke rumah warga sampai kiri dan kanan," ungkapnya.

Peristiwa tersebut sempat menarik perhatian warga untuk melihat langsung proses pemadaman. (*)