Unand Beri Penghargaan 15 Mahasiswa Berprestasi

id Unand

Unand Beri Penghargaan 15 Mahasiswa Berprestasi

Gerbang Kampus Unand. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Padang, (Antara Sumbar) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat memberikan penghargaan kepada 15 orang mahasiswa berprestasi tingkat nasional dan internasional selama 2017.

"Kelima belas mahasiswa itu dinilai berprestasi karena memperoleh juara dalam berbagai lomba yang digelar selama 2017," kata Wakil Rektor bagian kemahasiswaan Unand Prof Dr Hermansah, di Padang, Rabu.

Dia menyebutkan penghargaan itu diberikan kepada Awani Yamora Masta yang dinobatkan sebagai juara satu mahasiswa berprestasi di Unand.

Salah satu indikatornya prestasi dalam organisasi, lomba dan nilai akademik menjadi acuan penobatan mahasiswa fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Kemudian penghargaan diberikan kepada Irfan Hasballah Putra dari Fakultas Kedokteran sebagai juara Wilayah Olimpiade Nasional MIPA 2017.

Prestasi yang sama diraih tiga mahasiswa yakni Rizky Kurniawan, Doni Damara, dan Yoni Saputra dari Fakultas MIPA.

"Dua mahasiswa memperoleh penghargaan berprestasi karena menjadi juara lomba debat Bahasa Inggris nasional," tambahnya.

Selain itu katanya, Unand juga memberikan penghargaan kepada tujuh mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya yang bisa mengharumkan nama dalam festival film pendek di Nigeria, ketujuhnya berhasil mencapai semifinal.

Terakhir tiga mahasiswa Ikhbal Gusri, Haresna, Fandi Kurniawan dari Fakultas Hukum menjadi juara III debat konstitusi se Indonesia wilayah regional barat.

"Secara resmi penghargaan diberikan saat pembukaan Bimbingan Aktivitas Kemahasiswaan Tradisi Ilmiah 2017 pada Selasa (1/8)," sebutnya.

Jumlah ini kata dia masih akan bertambah mengingat ada beberapa mahasiswa yang akan dan sedang mengikuti lomba.

Secara keseluruhan ujar dia pada ulang tahun Unand pada 13 September mendatang akan diumumkan penghargaan tersebut.

Sementara itu salah satu alumni Unand Lestari mengatakan apresiasi yang diberikan kampus untuk mahasiswa berprestasi akan meningkatkan motivasi mahasiswa.

Akan tetapi kata dia, pemberian apresiasi ini diberikan secara bertingkat mulai dari jurusan hingga universitas.

Dengan begitu munculnya potensi mahasiswa berprestasi lain akan lebih cepat dan banyak. (*)