Rabijonggor Pasaman Barat Longsor, Akses Transportasi Putus Total

id Rabijonggor

Rabijonggor Pasaman Barat Longsor, Akses Transportasi Putus Total

Material longsor di Jalan Sitabu Rabijonggor menutupi jalan, mengakibatkan akses transportasi putus total, Rabu (2/8) (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Jalan menuju Jorong Sitabu Nagari Rabijonggor Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) tertimbun longsor sepanjang 20 meter. Akibatnya arus transportasi menuju daerah itu putus total.

"Benar, longsor disebabkan curah hujan yang tinggi pada Rabu (2/8) sore. Selain itu badan jalan juga ikut amblas," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pasaman Barat, Try Wahluyo di Simpang Empat, Rabu (2/8) malam.

Ia mengatakan akibat longsor tersebut daerah Sitobu terisolasi karena kendaraan tidak bisa melewati jalan yang tertimbun longsor.

"Informasi sementara tidak ada korban jiwa pada musibah itu. Kita telah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum, Wali Nagari, Jorong dan Camat untuk penanggulangan secepatnya," ujarnya.

Menurutnya pihaknya bersama instansi terkait akan turun kelokasi pada Kamis (3/8) pagi untuk membersihkan material longsor.

"Hari ini sudan malam sehingga sulit untuk membersihkan material longsor. Besok pagi kita akan turun dengan tim," tegasnya.

Salah seorang warga, Sunni mengatakan lokasi tanah longsor itu berada sekitar 150 meter dari Jembatan Sungai Muaro Tabu dari arah Rabijonggor menuju Sitabu.

Ia berharap Pemkab Pasaman Barat segera menurunkan alat berat untuk membersihkan material longsor agar kendaraan bisa kembali melewati jalan itu.

"Bantuan harus segera diberikan karena akses transportasi menuju daerah itu hanya di lokasi itu," katanya.

Ia menyebutkan sebelum terjadi longsor memang terjadi hujan lebat mengguyur daerah itu. Tidak ada korban jiwa akibat longsor tersebut. (*)