Pascalongsor, Jalan Menuju Sitabu Pasaman Barat Sudah Bisa Dilewati

id Longsor

Pascalongsor, Jalan Menuju Sitabu Pasaman Barat Sudah Bisa Dilewati

Sejumlah kendaraan melewati jalan lokasi longsor menuju Jorong Sitabu Rabijonggor Pasaman Barat. Jalan itu sempat tertutup total karena tumpukan material longsor. Saat ini kendaraan sudah bisa melalui jalan itu. (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Jalan menuju Jorong Sitabu, Nagari Rabijonggor, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) sudah kembali bisa dilalui kendaraan pascalongsor di daerah itu pada Rabu (2/8).

"Benar, material longsor telah dibersihkan dengan alat berat. Saat ini kendaraan sudah kembali bisa melalui jalan itu," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pasaman Barat, Try Wahluyo di Simpang Empat, Sabtu.

Ia mengatakan pembersihan material longsor dilakukan bersama tim gabungan yang terdiri dari BPBD, Dinas Pekerjaan Umum, Polri, TNI, kecamatan dan masyarakat.

"Tim saat membersihkan material cukup disulitkan dengan tumpukan tanah, pasir dan batu mencapai 20 meter. Namun, berkat kerja keras semua pihak akhirnya jalan kembali bisa dibuka," ujarnya.

Ia menyebutkan dengan terbukanya jalan dari material longsor itu maka daerah Jorong Sitabu tidak terisolasi lagi.

"Bagi kendaraan yang menempuh jalan itu diharapkan tetap hati-hati karena jalan itu licin pascalongsor," harapnya.

Ia menyebutkan material longsor yang menutupi badan jalan mencapai 20 meter pada Rabu (2/8). Selain itu badan jalan disekitar longsor juga ada yang amblas.

Menurutnya ongsor disebabkan curah hujan yang tinggi pada Rabu (2/8) sore. Tidak ada korban jiwa pada musibah itu.

Salah seorang warga, Ucok (40) mengucapkan terima kasih atas bantuan Pemkab Pasaman Barat yang telah mengatasi longsor di daerah itu.

"Mudah-mudahan longsor susulan tidak terjadi lagi. Ke depannya kami berharap instansi terkait lebih cepat ke lokasi dan mengatasi material longsor," harapnya. (*)