Lantamal Padang Gelar Latihan SAR Antisipasi Bencana

id Lantamal, SAR

Padang, (Antara Sumbar) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menggelar pelatihan Search and Rescue (SAR) untuk kesiapan mengantisipasi bencana.

"Pelatihan SAR bencana alam bertujuan untuk meningkatkan dan menguji tingkat kesiapsiagaan operasional Lantamal II dalam merespon bencana," kata Komandan Lantamal II Padang, Laksma TNI Rudwin Thalib, usai membuka pelatihan di Padang, Senin.

Ia menambahkan TNI AL harus mampu menangani setiap kemungkinan yang terjadi seperti pencarian, dan penyelamatan di laut.

"Melalui pelatihan para anggota dapat saling bekerja sama, dan paham bagaimana melakukan koordinasi dengan instansi terkait ketika situasi bencana," ujarnya.

Karena, lanjutnya Lantamal Padang mempunyai tim SAR dan kontijensi bencana alam yang memang dikhususkan membantu pencarian, dan pertolongan dalam kecelakaan di wilayah kerja pangkalan itu.

"Dalam penanganan bencana, kecepatan serta kecelakaan nihil (zero accident) adalah yang utama," sebutnya.

Peningkatan kemampuan penanggulangan bencana harus dilakukan, terlebih mengingat kriteria wilayah hukum Lantamal Padang yang rawan terjadi bencana.

Sebelumnya, pelatihan SAR dan Kontijensi Bencana Alam digelar di gedung serbaguna Nanggala, Lantamal Padang.

Kegiatan diikuti oleh 100 personel yang nantinya akan diberikan materi baik teori, ataupun praktek di lapangan.

Pelatihan digelar selama dua minggu dengan pelatih dari internal Lantamal, serta didatangkan dari instansi terkait. (*)