Kamis, 19 Oktober 2017 - 29 Muharram 1439 H

Ingin Mencoba Teh Organik, Mari ke Solok

(ANTARA SUMBAR/Ridho Tawakal)
Arosuka, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, Sumatera Barat, terus mengembangkan teh organik di Kenagarian Aia Batumbuak dan Batang Barus untuk meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.

"Usaha perkebunan teh organik ini adalah salah satu langkah kami untuk meningkatkan pendapatan masyarakat," Kata Bupati Solok Gusmal usai sosialisasi pengembangan teh organik di Arosuka, Selasa.

Ia menambahkan teh ini adalah komoditas internasional yang banyak dikonsumsi di dunia, tetapi harga teh turun naik.

Untuk itu, Pemda akan bekerja sama dengan PT. SHGW Bio Tea untuk mengembangkan teh organik lebih luas lagi di kabupaten ini.

"Melalui jadi melalui PT. SHGW ini akan meningkatkan pendapatan petani," ujarnya.

Kebun teh Gunung Talang ini adalah ikon Solok dan satu satunya di Indonesia yang memiliki potensi teh organik yang bagus.

"Semua program pembangunan di daerah tidak akan berjalan tanpa dukungan masyarakat," lanjutnya.

Di samping teh organik, sebutnya dibutuhkan koperasi untuk memenuhi kebutuhan dan memudahkan petani dalam mengembangkan usaha nantinya.

Ia berpesan, koperasi harus dibina bersama agar bisa mengakomodir kebutuhan petani. Selain itu, harus siap diaudit sehingga koperasi bisa terkawal dan terbina dengan baik.

"Niniak mamak dan pemilik tanah saya minta untuk mengembangkan lahan perkebunan teh, hal ini nantinya tentu akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat juga," tambahnya.

Wali nagari juga diharapkan terus memantau program ini, sedangkan PT.SHGW tetap berkoordiansi dan melakukan pembinaan kepada petani.

"Jadi, jika terjadi permasalahan, dapat dimusyawarahkan bersama," ujarnya.

Ketua pelaksana Admaizon juga mengharapkan dukungan niniak mamak, dan masyarakat setempat dalam rangka pengembangan teh organik ini.

Ia mengatakan PT.SHGW Bio Tea membeli teh organik ini dengan harga yang cukup tinggi perkilonya. Sehingga, petani akan diarahkan kepada teh organik ini, karena pasarnya sangat bagus sekali. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Atman Ahdiat
Semangat Pemerintah Daerah Sumatera Barat untuk memacu pertumbuhan di sektor pariwisata terpancar pada Forum Investasi Regional ...
Baca Juga