Pemkab Kerahkan 21 Petugas Pantau Kesehatan Hewan Jelang Kurban

id hewan kurban

Pemkab Kerahkan 21 Petugas Pantau Kesehatan Hewan Jelang Kurban

Hewan Kurban (Antara)

Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengerahkan 21 orang petugas dalam upaya memantau kesehatan hewan menjelang Hari Raya Kurban 2017.

"Pemeriksaan kesehatan hewan dilakukan tidak hanya terhadap hewan yang akan disembelih di dalam daerah namun juga yang akan dijual ke luar daerah," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Hazrita di Painan, Rabu.

Ia menambahkan ke 21 petugas tersebut berada di enam pusat kesehatan hewan (puskeswan) di daerah itu.

Petugas tidak hanya di kantor namun pada beberapa kesempatan juga ke pasar ternak dan beberapa diantaranya langsung terjun ke masyarakat.

"Namun bagi masyarakat yang berkeinginan memeriksakan kesehatan ternak bisa langsung ke puskeswan terdekat," kata dia.

Hazrita menjabarkan puskeswan yang ada terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan pelayanannya mencakup kecamatan setempat, Bayang serta Bayang Utara, di IV Jurai menjangkau kecamatan setempat, Batang Kapas dan di Sutera menjangkau Kecamatan setempat serta Lengayang.

Selanjutnya, Puskeswan di Ranah Pesisir menjangkau kecamatan setempat, Linggo Sari Baganti dan di Pancung Soal menjangkau kecamatan setempat dan Air Pura.

Seterusnya, di Silaut menjangkau kecamatan setempat, Lunang, Ranah Ampek Hulu Tapan dan Basa Ampek Balai Tapan.

Ia menyebutkan dengan dilaksanakannya pengecekan kesehatan hewan sebelum disembelih tentu akan berdampak baik terhadap daging hewan yang akan dikonsumsi.

Karena jika tidak tentu kemungkinan hewan tersebut sakit akibat virus atau lainnya tidak bisa terdeteksi, sehingga apabila daging hewan yang sakit dikonsumsi pasti akan berdampak negatif terhadap kesehatan. (*)