Calon Haji Padang Panjang Menuju Embarkasi Padang

id wali kota hendri

Calon Haji Padang Panjang Menuju Embarkasi Padang

Wali Kota Padang Panjang Hendri Arnis (kiri) foto bersama ketika melepas Calhaj daerah itu. Tahun ini Calhaj Padang Panjang berjumlah 171 orang. (ANTARA SUMBAR/Zulham Beni)

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Calon haji yang berasal dari Kota Padang Panjang, Sumatera Barat berangkat menuju embarkasi Padang sebelum menuju ke tanah suci Mekkah untuk menunaikan salah satu rukun Islam.

Calon Haji itu diantar langsung oleh Wali Kota Padang Panjang, Hendri Arnis dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan puluhan keluarga yang bersangkutan.

Hendri Arnis di Padang Panjang, Kamis mengharapkan masyarakat yang ditinggalkan bisa mendoakan para Calon haji selamat pulang pergi dan menjadi haji yang mabrur nantinya.

"Kepada calon haji kami juga berpesan agar bisa mematuhi segala bentuk aturan yang ada selama menjalankan ibadah haji di tanah suci," ujarnya.

Sebelum calon haji berangkat ke embarkasi Padang, tangisan haru datang dari keluarga yang ditinggalkan di lokasi pelepasan jalan Sudirman depan markas Secata B Rindam I Bukit Barisan.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementrian Agama Padang Panjang, Syaiful Arifin mengatakan, keberangkatan calon haji dari daerah itu tergabung dalam kelompok terbang (kloter) XIII.

"Calon Haji Padang Panjang bergabung dengan Kota Payakumbuh dan Padang. Satu kloter berjumlah sekitar 450 orang," ujarnya.

Calon haji berangkat dari Padang Panjang menuju embarkasi Padang. Sedangkan berangkat menuju tanah suci mekah pada 11 Agustus 2017.

Untuk Padang Panjang sendiri calon haji tahun ini berjumlah 171 orang yang sebagian besar terdiri dari calon haji Tanah Datar bagian Barat.

Dia mengimbau, kepada calon haji untuk berniat dengan ikhlas dan meninggalkan beban permasalahan yang ada, termasuk menjaga kesehatan.

Selain itu, mereka juga diminta menaati seluruh peraturan selama pemondokan dan menjalankan ibadah, menjaga persatuan dan tidak melakukan hal-hal yang dapat merusak ibadah haji.

Salah seorang calon haji dari Padang Panjang, Rusli akan menaati segala aturan yang ada selama pelaksanaan haji mulai dari keberangkatan hingga selesai.

"Kami akan mematuhi aturan mulai dari proses keberangkatan hingga pelaksanaan serta pemulangan jamaah haji nantinya, untuk kebaikan bersama," ujarnya. (*)