Padang Tuntaskan Bedah Rumah Sebanyak 4.107 Unit

id bedah rumah

Padang Tuntaskan Bedah Rumah Sebanyak 4.107 Unit

Bedah Rumah (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Walikota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi menyebutkan pihaknya telah melakukan bedah rumah sebanyak 4.107 semenjak tahun 2014 hingga 2017 melalui program bedah 1000 rumah.

"Khusus untuk tahun 2017 jumlah rumah yang dibedah adalah sebanyak 1.605 unit yang sedang dalam pengerjaan," katanya di Padang, Sabtu.

Ia menyebutkan jumlah rumah yang sudah benar-benar selesai adalah 3.042 unit yang pengerjaannya sudah dimulai sejak 2014 lalu.

Untuk bedah terhadap rumah-rumah tidak layak huni tersebut sebagian besar dananya berasal dari pemerintah dan sisanya dari non pemerintah.

"Jika dikalkulasikan maka total rumah yang sudah dibedah hingga tahun 2017 ini adalah sebanyak 4.107 unit," ujarnya.

Ia menambahkan untuk tahun 2018 nanti juga sudah direncanakan untuk melalukukan bedah pada 493 unit rumah dan pada 2019 sebanyak 400 unit.

Hingga tahun 2019 ia mengharapkan akan ada 5000 unit rumah di Kota Padang selesai dibedah, sebagaimana yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2014-2019.

Selain itu ia mengatakan program ini akan dijadikan program hulu hilir dalam upaya pengentasan kemiskinan. Selain pembangunan fisik, pihaknya juga melakukan pembangunan terhadap sumber daya manusianya.

"Kami juga memberikan pelatihan kepada anggota keluarga terkait keterampilan agar mereka dapat mengakses pekerjaan untuk meningkatkan perkenomian keluarga," kata dia.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kota Padang, Elly Thrisyanti mengatakan sejauh ini kinerja pemerintah kota telah memperlihatkan kemajuan yang pesat dan signifikan, hal tersebut terlihat dari berbagai pembangunan yang dilakukan.

"Semenjak dilantik beberapa tahun lalu, hingga saat ini telah terlihat beberapa perkembangan yang terjadi di Kota Padang, baik berupa infrastruktur atau non-infrastruktur," ujarnya. (*)