Wabup Solok Harapkan Kecamatan Kubung Juara Tes IVA Nasional

id Tes IVA

Wabup Solok Harapkan Kecamatan Kubung Juara Tes IVA Nasional

Pemasangan selempang Duta IVA Kabupaten Solok Oleh tim verifikasi. (Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Arosuka, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok, mengharapkan Kecamatan Kubung daerah setempat yang terpilih mewakili Provinsi Sumatera Barat dalam lomba tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) tingkat nasional 2017 bisa meraih predikat terbaik dan membanggakan daerah.

"Lomba tes IVA ini bukan hanya untuk tujuan predikat juara semata, namun bagaimana agar tes ini dapat dimasyarakatkan agar dapat mendeteksi dini kanker serviks pada perempuan," kata Sekretaris Kabupaten Solok, Aswirman di Arosuka, Senin.

Ia mengatakan dengan dapat mendeteksi dini kanker serviks pada perempuan, maka penanganan penyakit itu juga dapat dilakukan lebih awal sehingga tidak sampai membahayakan jiwa pengidapnya.

Terpilihnya Kabupaten Solok mewakili Provinsi Sumbar dalam lomba tes IVA ini tentu saja telah melalui proses panjang dan penilaian ketat oleh tim provinsi sehingga layak dilombakan untuk tingkat nasional.

"Dapat mewakili Sumbar saja sudah merupakan prestasi yang membanggakan bagi Kabupaten Solok, apalagi bisa berprestasi di tingkat nasional," ujarnya.

Karena itu ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas dukungannya selama pekan IVA nasional, sehingga terlaksana dengan baik di Kabupaten Solok.

Meskipun nantinya pekan IVA telah berakhir, namun kegiatan tes IVA akan terus berlanjut dan dilaksanakan secara rutin di seluruh fasilitas kesehatan yang ada di daerah itu.

Kegiatan itu juga dihadiri Ketua GOW Solok Dahliar Yulfadri Nurdin, Kepala Dinas Kesehatan Sri Efianti, dan kepala OPD di lingkungan pemerintah setempat. (*)