KAHMI Tanah Datar Bentuk Kader Berjiwa Pancasila

id KAHMI

KAHMI Tanah Datar Bentuk Kader Berjiwa Pancasila

Kardinal Putra, Presidium Majelis Daerah KAHMI Tanah Datar (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Organisasi massa Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, menilai saat perlu membentuk kader generasi muda yang berjiwa Pancasila dan setia pada UUD 1945.

"Perlu saat ini membentuk kader organisasi KAHMI untuk mempertegas peran serta dalam menjaga keutuhan komitmen kebangsaan dan keumatan, dalam bingkai NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," kata Ketua Presidium Majelis Daerah KAHMI Tanah Datar, Kadinal Putra di Batusangkar, Selasa.

Ia menyebutkan KAHMI sebagai organisasi massa berbasis intelektual yang sebagian besar anggotanya merupakan mantan aktifis HMI dikenal kritis dan cerdas dalam menyikapi berbagai persoalan bangsa dan daerah.

"Kita berharap nilai-nilai dan karakter HMI ini terus melekat di hati alumninya sehingga perjuangan umat dan bangsa yang dicita-citakan HMI dapat terus dirasakan di seluruh nusantara," katanya.

Kardinal menyampaikan rencana dalam waktu dekat membentuk kelembagaan KAHMI di Kabupaten Tanah Datar sebagaimana telah dicita-citakan sejak lama.

"Kiprah dan pengabdian anggota KAHMI telah dilakukan jauh-jauh hari melalui pengabdian anggotanya, yang tersebar di berbagai profesi dan latar belakang seperti birokrasi, pengusaha, guru, politisi dan lainnya," katanya.

Lima presidium KAHMI yang dikukuhkan beberapa waktu lalu terdiri dari Ketua Kardinal, dan Anggota Zuldoni Putra, Azrarul Haq Datuk Kari, Afrianto Korga, dan Lita Sari Mukhlis.

Ketua Harian Presidium Majelis Wilayah KAHMI Sumbar, Syukri Iska menyampaikan HMI dan KAHMI sudah teruji dalam sejarah sebagai komponen utama menegakan, mengawal, menjaga dan mempertahankan Pancasila dan NKRI.

Syukri mengharapkan anggota KAHMI Tanah Datar dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dalam proses pembangunan untuk mewujudkan masyarakat yang madani, aman dan sejahtera.

Direktur Program Pascasarjana IAIN Batusangkar ini mengatakan bahwa KAHMI merupakan para alumni HMI yang siap menjadi mitra strategis pemerintah daerah dalam menyongsong pembangunan ke depan.

"Semoga dengan kehadiran KAHMI ini bisa menjadi energi positif untuk turut memberikan kontribusi pemikiran terhadap kemajuan daerah," katanya.

Ia mengharapkan KAHMI bisa lebih mewarnai dan menjadi kekuatan besar dalam hal menjalankan amanah dan tanggung jawabnya terhadap agenda keumatan. (*)