Bupati Pasaman Barat Kukuhkan Perangkat Nagari Persiapan Gunung Tuleh

id bupati pasaman

Bupati Pasaman Barat Kukuhkan Perangkat Nagari Persiapan Gunung Tuleh

Bupati Pasaman Barat, Syahiran saat pengukuhan perangkat nagari persiapan di Kecamatan Gunung Tuleh, Selasa (15/8) (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Bupati Pasaman Barat, Syahiran mengukuhkan Nagari Persiapan di Kecamatan Gunung Tuleh. Nagari Muaro Kiawai menjadi nagari pertama yang mengukuhkan perangkat nagari persiapan.

Nagari Muaro Kiawai melakukan pemekaran nagari menjadi empat nagari yakni nagari persiapan Ranah Sungai Magelang, nagari persiapan Seberang Kenaikan, nagari persiapan Muaro Kiawai Hilir, dan nagari persiapan Muaro Kiawai Barat.

Bupati Pasaman Barat, Syahiran sesaat setelah pengukuhan kemarin di gedung pertemuan kantor wali Muaro Kiawai mengatakan sesuai dengan amanat UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa, pembentukan pemerintah nagari baru ini terlebih dahulu melalui pembentukan pemerintah nagari persiapan.

"Yang mana pemerintah nagari persiapan ini akan dievaluasi satu sampai 3 tahun, apabila hasil evalausi nantinya dinyatakan layak untuk menajdi nagari pemerintahan baru, barulah kita bisa buat Ranperda tentang pembentukan pemerintahan nagari, katanya.

Ia menyebutkan, setelah hal tersebut dilalui maka Ranpeda akan disampaikan ke gubernur untuk di evaluasi. Jika sudah bisa akan dilanjutkan hingga ke kementerian dalam negerui untuk mendapatkan kode desa atau kode nagari.

Ini baru nagari percobaan, untuk itu saya berharap kepada seluruh lapisan masyarakat. Mari kita bersama-sama membantu penjabat wali nagari persiapan dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya. Jika tidak bisa maka akan kembali ke nagari induk, tegasnya.

Selain itu, penjabat wali nagari persiapan harus menyusun rencana kerja pembangunan nagari persiapan dengan mengikutsertakan partisipasi masyarakat nagari persiapan. Sesuai dengan amanat UU melaksanakan tugas membantu penjabat wali nagari persiapan dalam pembentukan pemerintahan nagari defenitif.

Oleh karena itu, perangkat nagari yang dilantik hari ini mempunyai tugas berat, karena pemerintah nagari persiapan ini bekerja di mulai dari nol, ujarnya.

Pengukuhan perdana tersebut juga dihadiri oleh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda).

Pengukuhan itu langsung di lakukan melalui SK Penjabat wali nagari persiapan, yakni Penjabat Wali Nagari Persiapan Ranah Sungai Magelang Ali Audah, Penjabat Wali Nagari Persiapan Muara Kiawai Hilir Alamsuddin.

Penjabat Wali Nagari Persiapan Muara Kiawai Barat Berdinan Ujang, Penjabat Wali Nagari Persiapan Seberang Kenaikan Pennisri N. (alt)