2.000 Pelajar Berpawai Budaya Meriahkan HUT-RI ke 72

id pawai budaya

2.000 Pelajar Berpawai Budaya Meriahkan HUT-RI ke 72

Ribuan pelajar Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengikuti pawai budaya dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 di Kecamatan Sutera. (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra )

Painan, (Antara Sumbar) - 2.000 lebih pelajar Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 dengan mengikuti pawai budaya di Kecamatan Sutera daerah setempat, Selasa.

"Terdapat 81 tim yang mengikuti pawai budaya dengan jumlah masing-masing tim 20 hingga 50 pelajar dan kami memperkirakan 2.000 lebih pelajar berpartisipasi dalam kegiatan ini," kata Camat Sutera, Fachruddin di Painan, usai kegiatan.

Ia menyebutkan pawai diikuti oleh pelajar dari berbagai jenjang pendidikan mulai dari taman kanak-kanak, sekolah dasar, SMP sederajat dan SMA sederajat.

Pada pawai tersebut pelajar mengenakan berbagai macam pakaian adat hingga berbagai kebiasaan masyarakat adat di seluruh Indonesia, selain itu pakaian berbagai profesi juga dikenakan mulai dari petani, nelayan hingga dokter dan diiringi dengan pertunjukan drumband.

Kegiatan tersebut menyita perhatian masyarakat setempat sehingga arus lalu lintas pada Jalan Lintas Sumatera ruas Padang-Bengkulu terpaksa dialihkan selama hampir dua jam.

Pawai budaya yang digelar diharapkan mampu memupuk rasa cinta tanah air bagi pelajar serta masyarakat yang menyaksikan.

Selain itu kata dia, juga diharapkan mampu memupuk rasa persaudaraan antar sesama masyarakat Indonesia.

"Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama serta ras dan pada pawai ini keberagaman tersebut sengaja dilahirkan untuk mempererat rasa persaudaraan," katanya lagi.

Tidak hanya pakaian adat serta pakaian berbagai macam profesi yang menarik perhatian masyarakat namun kreativitas pelajar dan sekolah juga menjadi sorotan.

Seperti yang dilakukan oleh SDN 26 Padang Tae yang membawa spanduk bertuliskan "Selamatkan Mesjid Al-Aqsa Dari Kebiadaban Israel", lengkap dengan miniatur Mesjid Al-Aqsa. (*)