624 Mahasiswa Baru ISI Padang Panjang Ikuti PKKMB

id Novesar Jamarun

624 Mahasiswa Baru ISI Padang Panjang Ikuti PKKMB

Rektor ISI Padang Panjang, Novesar Jamarun. (ANTARA SUMBAR/Zulham Beni K)

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Sebanyak 624 orang mahasiswa baru Institut Seni Indonesia (ISI) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2017 dalam rangka menyiapkan mahasiswa dalam proses transisi menjadi mahasiswa dewasa dan mandiri.

Rektor ISI Padang Panjang Prof Novesar Jamarun di Padang Panjang, Kamis, mengatakan dalam masa PKKMB tersebut akan dijadikan titik tolak inisiasi pembinaan idealisme, menanamkan dan memperkuat rasa cinta tanah air serta kepedulian terhadap lingkungan.

"Hal itu juga dalam rangka menciptakan generasi yang berkarakter jujur, cerdas, peduli, bertanggung jawab dan tangguh," ujarnya.

Dari 624 orang mahasiswa tersebut tersebar di 11 Program Studi untuk dua Fakultas Seni Pertunjukan dan Seni Rupa dan Desain.

Ia menegaskan bahwa selama pelaksanaan PKKMB ituu tidak ada istilah peloncoan, tetapi mahasiswa baru tersebut akan dibekali tentang bagaimana perubahahan cara fikir antara siswa dan menjadi mahasiswa.

Menurut dia fungsi perguruan tinggi dan proses belajar mengajar antara di sekolah menengah sangat berbeda.

"Saat ini mahasiswa baru itu merupakan orang yang harus mampu belajar secara mandiri, kreatif dan inovatif dan juga merupakan generasi penerus yang akan membawa bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang unggul secara internasional," ujarnya.

Pembantu Rektor III ISI Padang Panjang Firdaus menyebutkan pelaksanaan PKKMB itu akan berlangsung selama tiga hari.

"Setiap mahasiswa baru wajib melaksanakan dan mengikuti seluruh rangkain kegiatan PKKMB, jika ada mahasiwa yang kedapatan tidak mengikuti kegiatan ini dengan baik, maka mahasiwa tersebut harus mengulangnya tahun depan," jelasnya. (*)