Minggu, 24 September 2017 - 4 Muharram 1439 H

Terduga Teroris Asal Solok Tidak Sebarkan Paham Radikal di Kampung Halaman

Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal.
Padang, (Antara Sumbar) - Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Fakhrizal menyebutkan terduga teroris asal Solok tidak melakukan aktivitas atau menyebarkan paham radikal dan terorisme di kampung halamannya dan diduga terpengaruh paham itu di luar daerah.

"Kita telah perintahkan Kapolresta Solok melakukan pengecekan ke kampung halamannya. Memang berasal dari Solok, tetapi menetap di Bandung," katanya di Padang, Kamis.

Menurutnya kepolisian telah melakukan pendalaman kepada pihak keluarga tersangka tersebut di Solok. Berdasarkan informasi, selama di kampung, ia beraktivitas seperti orang biasa dan tidak ada indikasi terpengaruh atau menyebarkan paham radikal.

"Ia diketahui beberapakali bolak-balik ke Sumbar. Tetapi diduga terpengaruh paham radikal dan terorisme setelah ikut kelompok tertentu di tempat dia menetap saat ini," ujarnya.

Ia mengatakan Polda Sumbar belum cek bagaimana perkembangan terbaru kasus tersebut, tetapi terus melakukan pemantauan, terutama untuk mengantisipasi masuknya jaringan terorisme dan radikalisme ke Sumbar.

Saat ini menurutnya Polda Sumbar telah melakukan beberapa langkah pencegahan diantaranya mengerahkan personil pada beberapa titik objek vital di Sumbar sebagai tindakan antisipasi.

"Kita Polda Sumbar terus meningkatkan kewaspadaan. Sehingga, masyarakat Sumbar merasakan keamanan dan kenyamanan serta tidak terpengaruh paham radikalisme," ujar dia.

Sebelumnya, Detasemen Khusus 88 Antiteror Markas Besar Kepolisian RI menangkap lima terduga teroris di Bandung, Jawa Barat, Selasa( 15/8).

Terduga kelompok teroris yang terafiliasi dengan jaringan Jamaah Ansharut Daulah Bandung Raya itu berencana melakukan aksi teror di dua tempat, yakni Markas Brimob dan Istana Negara.
Salah seorang terduga teroris berinisial Y diketahui beralamat di Jorong Balai, Nagari Kacang, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok berdasarkan KTP-nya. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Riko Syaputra
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Petugas Rumah Tahanan kelas II B Lubuk Sikaping kembali kecolongan setelah satu warga binaannya ...
Baca Juga