Minggu, 24 September 2017 - 4 Muharram 1439 H

UBH Buka Prodi Penjaskesrek Percepat Kemajuan Olahraga

Logo Universitas Bung Hatta.
Padang, (Antara Sumbar) - Universitas Bung Hatta (UBH) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), membuka program studi (Prodi) Pendidikan Jasmani dan Kesehatan serta Rekreasi (Penjaskesrek) sebagai upaya mempercepat kemajuan olahraga di provinsi tersebut.

"Saat ini baru satu kampus yang membuka prodi bidang olahraga, dengan tambahan UBH ini bisa memperbanyak atlet potensial," kata Rektor UBH Prof Azwar Ananda usai serah terima pembukaan prodi dengan Kopertis X di Padang, Kamis.

Dia menyebutkan latar belakang mendirikan prodi ini sebagai bentuk kepedulian terhadap olahraga Sumbar yamg secara prestasi dinilai masih kalah bersaing dari daerah lainnya.

Namun begitu dalam beberapa tahun terakhir animo masyarakat untuk berolahraga semakin meningkat seperti dayung, futsal, perahu naga atau sepatu roda.

Tentunya, tambah dia ini memungkinkan muncul generasi muda yang mencintai olahraga dan menekuninya dalam pendidikan, itulah dasar prodi Penjaskesrek berdiri.

Di samping itu dengan adanya tambahan rekreasi ini membuktikan bahwa UBH juga siap mendukung pariwisata di Sumbar khususnya wisata halal.

"Sebagai langkah awal kami akan kerja sama dengan UNP dan lembaga olahraga untuk penentuan kurikulum dan pembelajarannya," sebut dia.

Secara bertahap dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) serta Dispora juga akan kerja sama bila nantinya telah ada lulusan atau potensi atlet ingin jadi mahasiswa.

Nantinya, lanjut Azwar akan dibuat berbagai program keolahragaan termasuk klub olahraga kampus.

Sejauh ini, kata dia peminat calon mahasiswa jurusan keolahragaan cukup besar sehingga peluang mendapat mahasiswa angkatan pertama juga besar.

Menurutnya usai peresmian pembukaan ini, prodi sudah bisa menerima mahasiswa baru mengingat prasyarat telah terpenuhi.

Berkaitan dengan UBH yang lebih dikenal dengan kampus bidang kemaritiman, pihaknya juga akan memperkuat olahraga bidang tersebut dalam prodi tersebut.

Sementara itu Koordinator Kopertis X Prof Dr Herri mengatakan dengan pembukaan prodi penjaskesrek di UBH ini menjadikan pilihan bagi peminat bidang olahraga semakin banyak.

Selama ini kata dia peminat bidang itu di UNP cukup banyak, namun saat tidak lulus tes lebih memilih tidak kuliah atau ke jurusan lain.

Dengan adanya prodi ini, ia meyakini atlet potensial usia dini akan bisa kuliah dan menekuni bidangnya. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Riko Syaputra
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Petugas Rumah Tahanan kelas II B Lubuk Sikaping kembali kecolongan setelah satu warga binaannya ...
Baca Juga