Gubernur: Pembangunan Lebih Cepat dengan Bekerjasama

id Irwan Prayitno

Gubernur: Pembangunan Lebih Cepat dengan Bekerjasama

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.

Padang, (Antara Sumbar) - Pembangunan yang merata di seluruh wilayah Indonesia akan lebih cepat tercapai dengan kerjasama antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota serta relasi lain kata Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno.

"Ini juga menjadi inti dari pesan presiden dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 RI," katanya di Padang, Kamis.

Ia menambahkan itu usai upacara HUT Kemerdekaan ke-72 RI di halaman kantor gubernur setempat.

Menurutnya kerjasama itu direalisasikan dalam program yang terintegrasi antara daerah dan pusat.

Khusus untuk Sumbar, ia menyebutkan selama ini hal tersebut telah dilaksanakan, salah satunya melalui rapat koordinasi antara gubernur dan wali kota/bupati yang digelar rutin beberapa kali dalam setahun.

Bahkan, rapat koordinasi terakhir dilakukan dengan cara berbeda. Biasanya rapat merujuk pada satu tema untuk dibahas antara provinsi dan 19 kabupaten dan kota.

Kali ini pendekatan yang dilakukan bukan tema, tetapi daerah. Provinsi menggelar rapat intens dengan satu kabupaten/kota terkait program kegiatan yang bisa disinergikan.

Meski waktu yang dibutuhkan lebih lama karena harus melakukan 19 sesi, sesuai jumlah kabupaten dan kota, tetapi hasilnya diyakini lebih baik.

"Program yang bisa kita kerjasamakan antara provinsi dan kabupaten/kota, segera disepakati dalam rapat itu. Sementara yang dinilai butuh bantuan pusat, difasilitasi provinsi ke pusat," ujarnya.

Ia meyakini kerjasama yang terbangun dengan baik antara provinsi dan kabupaten/kota itu bisa mempercepat pembangunan yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan rakyat.

Selain itu, menurut dia kerjasama juga harus terjalin antara pemerintah dengan swasta dan relasi lain, karena intinya pembangunan membutuhkan peran semua pihak.

Sebelumnya, dalam memperingati HUT ke-72 RI, Pemprov Sumbar menggelar upacara di halaman kantor gubernur setempat.

Kegiatan yang didahului dengan detik-detik kemerdekaan pada pukul 10.00 WIB itu ditandai dengan bunyi sirine. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi oleh Wakil Ketua DPRD Sumbar, Arkadius Dt. Intan Bano.

Sedangkan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno bertindak sebagai Inspektur Upacara. (*)