Peringatan HUT RI di Maroko Dimeriahkan Pesta Rakyat

id MAKAN KERUPUK

Peringatan HUT RI di Maroko Dimeriahkan Pesta Rakyat

Warga negara asing mengikuti lomba makan kerupuk di Jalan Jaksa, Jakarta, Kamis (17/8). Berbagai perlombaan yang diikuti para wisatawan mancanegara dan warga setempat digelar di kawasan wisata Jalan Jaksa untuk memeriahkan peringatan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/kye/17)

London, (Antara Sumbar) - Peringatan HUT KE-72 Kemerdekaan RI Tahun 2017 di Maroko dimeriahkan dengan pesta rakyat yang digelar di Lapangan Hijau KBRI Rabat pada Kamis (17/8).

Kegiatan itu diawali dengan upacara pengibaran bendera Merah Putih yang diikuti seluruh Staf KBRI Rabat dan keluarga, anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP), para pelajar dan masyarakat Indonesia serta warga Maroko.

Sekretaris I pelaksana fungsi Pensosbud KBRI Rabat Hanung Nugraha kepada Antara, Sabtu mengatakan, peringatan HUT RI itu menjadi salah satu ajang silaturrahim dan pertemuan antar-sesama WNI di Maroko yang berjumlah sekitar 300 orang, sebagian besar pelajar dan mahasiswa.

Kemeriahan Peringatan HUT RI di KBRI Rabat dengan adanya Pesta Rakyat yang dilakukan secara swasembada oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia di Maroko yang diadakan setelah upacara Pengibaran Bendera Merah Putih.

Pesta Rakyat diisi dengan acara potong tumpeng, persembahan live music, lagu-lagu semangat cinta tanah air, penampilan seni budaya nasional dan menampilkan berpuisi yang diperankan oleh masyarakat Indonesia di Maroko, terutama kalangan mahasiswa.

Selain itu, di sela-sela acara Pesta Rakyat, dibagikan hadiah bagi para pemenang perlombaan dan pertandingan.

Dalam pelaksanaan Peringatan HUT RI, KBRI Rabat melibatkan pelajar, mahasiswa dan masyarakat Indonesia sebagai bentuk pembinaan dalam rangka menumbuhkembangkan kecintaan anak bangsa terhadap Tanah Air.

Saat amanat, Pembina Upacara menyampaikan pesan agar selalu mengingat semangat patriotisme pejuang kemerdekaan yang mengorbankan jiwa dan raga demi tercapainya kemerdekaan Indonesia.

Pembina Upacara juga menegaskan untuk melaksanakan amanat dan kesepakatan dasar para pemimpin bangsa bagi negara Republik Indonesia yang berdaulat dan legitimate sesuai UUD 45 dan Pancasila.

Sesama anak bangsa memiliki kewajiban yang sama dalam menjaga persatuan dengan mengedepankan rasa kebersamaan sebagai faktor perekat utama demi terjaganya persatuan dan keutuhan bangsa Indonesia yang terdiri lebih dari 300 etnik dan beragam agama.

Rangkaian kegiatan memperingati HUT RI ke-72 di Rabat, Maroko, dimulai sejak akhir Juli lalu yaitu jalan santai, perlombaan dan pertandingan bola voli, Tenis Meja, Karaoke, Rebana, permainan Gaple, Balap Karung, Lempar Balon, Tarik Ikatan Sarung dan beberapa perlombaan untuk anak-anak yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat Indonesia di Maroko.

Sebagai perhatian KBRI Rabat kepada para staf, Dubes RI Rabat menyerahkan penghargaan kepada dua Pegawai Setempat atas pengabdian dan jasa-jasa mereka dalam mendukung pelaksanaan misi kedutaan. (*)