Warga Lubukbasung Gelar KIM Meriahkan Hari Kemerdekaan

id KIM

Warga Lubukbasung Gelar KIM Meriahkan Hari Kemerdekaan

Ketua Pemuda Koto Manampuang, Roni menyerahkan hadiah utama kepada pemenang KIM di daerah itu, Minggu (20/8) dini hari. (ANTARA SUMBAR/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Warga Koto Manampuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubukbasung, Kabupaten Agam, menggelar Kesenian Irama Minang (KIM) dalam memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 72, Sabtu (19/8) malam.

Ketua Pemuda Koto Manampuang, Roni di Lubukbasung, Minggu, mengatakan KIM itu diikuti sekitar ratusan peserta yang berasal dari Koto Manampuang dan daerah lainnya.

"Panitia menyediakan hadiah berupa televisi 19 inci, kompor gas dan puluhan hadiah hiburan lainnya. Hadiah ini merupakan sumbangan dari warga Koto Manampuang, warga di rantau dan pihak ketiga," katanya.

Kegiatan ini merupakan yang pertama kali diadakan dan ke depan hiburan akan dijadikan agenda tahunan dalan memeriahkan hari kemerdekaan dan untuk menjalin hubungan silaturahmi dengan warga sekitar.

"Kita juga menggelar lomba panjat pinang, makan kerupuk dan lainnya," katanya.

Tokoh Rantau Koto Manampuang di Kota Padang, Yosrimal memberikan apresiasi kepada pemuda yang telah mengadakan hiburan KIM, sehingga dapat menghibur warga.

"Kami akan mendukung kegiatan di kampung yang berbentuk positif dalam memajukan Koto Manampuang dan mengatasi generasi muda dari penyalahgunaan narkoba dan minum-minum keras," katanya.

Ia menegaskan kegiatan yang digelar ini terbebas dari minuman keras dan narkoba. Apabila kedapatan, pihaknya tidak segan-segan akan mengambil tindakan.

"Saya tidak ingin generasi muda di sini terlibat narkoba dan minuman keras karena bisa merusak mereka," katanya.

Kepala Dusun Koto Manampuang, Syahripul mengatakan, kegiatan ini untuk menyatukan warga dalam memajukan Koto Manampuang ke depan baik dari sisi keagamaan, pendidikan, kesenian dan lainnya.

"Untuk mewujudkan ini, Kami akan mendorong pemuda untuk mengadakan berbagai kegiatan sehingga berjalan dengan baik," katanya. (*)