Pasaman Barat Bersiap Tuan Rumah Porprov 2020

id Syahiran

Pasaman Barat Bersiap Tuan Rumah Porprov 2020

Bupati Pasaman Barat, Syahiran.

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), bersiap jika menjadi tuan rumah Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) pada 2020.

"Kesiapan kita telah disampaikan ke Pemprov Sumbar beberapa waktu lalu. Mau tidak mau, tahun depan sarana prasarana harus kita lengkapi," kata Bupati Pasaman Barat, Syahiran di Simpang Empat, Minggu.

Ia mengemukakan sejumlah sarana prasarana wajib disiapkan atau dibangun tahun 2018. Diantaranya adalah perampungan stadiun sepak bola, pembangunan Gelanggang Olah Raga (GOR), kolam renang, dan sarana kelengkapan lainnya.

"Pembangunan stadion akan kita lanjutkan tahun depan. Begitu juga pembangunan GOR dan kolam renang akan dimulai," lanjutnya.

Pihaknya menginginkan Pasaman Barat sukses sebagai tuan rumah. Selain itu juga ingin sukses prestasi.

"Kita juga ingin sukses prestasi, tapi dengan catatan harus memakai atlet dari Pasaman Barat sendiri. Tentu pembinaan harus dilakukan sejak dini," tegasnya.

Sekretaris Daerah Pasaman Barat, Manus Handri menambahkan Pengurus Cabang Olah Raga harus bisa menyeleksi para atlet yang ada dengan baik. Setelah itu pembinaan harus jalan dan turnamen harus diikuti.

"Kita akan men-support habis terkait persiapan atlet ini. Termasuk mempersiapkan panitia bayangan untuk tuan rumah Porprov 2020 nanti," tegasnya.

Sementara itu Ketua Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Pasaman Barat, Mahlil Usman mengatakan akan mempersiapkan atlet sejak dini.

"Sesuai arahan bupati saat ini untuk pembinaan atlet harus diutamakan. Pihaknya berkomitmen akan memakai atlet dari Pasaman Barat sendiri bukan atlet dari luar. Tentunya pembinaan akan ditingkatkan," katanya.

Menurutnya pihaknya melalui Pengcab olah raga yang ada akan memaksimalkan atlet binaan yang ada. Tentunya pembinaan butuh biaya yang cukup sehingga hasilnya dapat maksimal.

"Kita berharap Pemkab Pasbar bersama DPRD dapat menyediakan anggaran pembinaan sehingga nantinya dapat menuai prestasi diajang Porprov," harapnya. (*)