KPU Padang Manfaatkan Aplikasi Pemilu Gaet Pemilih

id Muhammad Sawati

KPU Padang Manfaatkan Aplikasi Pemilu Gaet Pemilih

Ketua KPU Padang, Muhammad Sawati. (Antara Sumbar/Novia Harlina)

Padang, (Antara Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang Sumatera Barat (Sumbar) memanfaatkan aplikasi pemilu yang dapat diunduh melalui telepon pintar untuk menggaet pemilih dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) yang berlangsung pada 2018.

"Untuk menyosialisasikan kepada masyarakat, salah satunya dengan membuat aplikasi tentang pilkada yang dapat diunduh melalui telepon pintar," kata Ketua KPU Padang, Muhammad Sawati di Padang, Senin.

Selain dengan aplikasi tersebut, pihaknya juga menggunakan pesan singkat yang bekerja sama dengan jaringan selular yang ada di Kota Padang seperti Telkomsel.

Jadi, katanya ketika tahapan pilkada sudah di mulai pesan singkat tersebut akan masuk ke masyarakat yang memiliki telepon genggam.

"Isi pesan singkat itu seperti imbauan dan mengigatkan agar tidak lupa untuk ikut serta dalam pilkada," katanga.

Lebih lanjut, ia menjelaskan pemanfaatan media sosial juga dilakukan. Seperti sosialisasi melalui facebook, instagram dan twitter.

"Nantinya informasi-informasi mengenai pilkada akan diperbaharui di akun-akun KPU Padang," ujarnya.

Menurutnya sasaran sosialisasi seperti ini ditujukan kepada anak-anak muda era digital yang sudah berhak untuk ikut dalam pemilu. "Kita harus ikuti perkembangan untuk mengajak anak-anak muda peduli terhadap pemilu," jelasnya.

Kemudian untuk sosialisi lainnya, KPU tetap melakukan tatap muka dengan masyarakat untuk menyukseskan kegiatan pilkada Kota Padang.

Selain itu untuk tahapan pilkada sudah dimulai pada Agustus 2017, karena berdasarkan pemberitahuan dari pusat pilkada akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018.

"Sebenarnya untuk tahapan sudah dimulai, seperti penyusunan anggaran, sosialisasi dan hal lainnya yang dikira perlu dipersiapkan," katanya.

Sementara Kepala Sub Bagian Teknis KPU Padang, Rino mengatakan pada 6 September akan dilaksanakan launching pilkada serentak 2018.

"Secara teknis persiapannya sudah dilakukan pada Agustus 2017, untuk launching dan sosialisasi lainnya dalam waktu dekat segera dilaksanakan," tambahnya.

Kota Padang merupakan salah satu daerah yang akan melaksanakan pilkada serentak 2018 di Sumbar. Daerah lainnya adalah Kota Sawahlunto, Pariaman dan Padang Panjang. (*)