Minggu, 24 September 2017 - 4 Muharram 1439 H

Ciptakan Lulusan Siap Kerja, Wagub Minta SMK Kerja Sama dengan BLK

Padang, (Antara Sumbar) - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit menekankan perlunya penguatan peran Balai Latihan Kerja (BLK) di kabupaten dan kota agar bisa meningkatkan kualitas lulusan SMA/SMK sehingga sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

         "Sekarang dari 320 BLK di Sumbar, 108 diantaranya sudah bisa mengeluarkan sertifikasi terhadap lulusannya. Ini harus dimanfaatkan," katanya di Padang, Kamis.

         Ia mengatakan itu saat membuka Rapat Koordinasi Ketenagakerjaan dan Transmigrasi di Padang.

         Menurutnya, sekolah terutama SMK harus ada kerja sama dengan BLK. Saat selesai pendidikan, lulusannya tidak langsung mencari kerja, tetapi masuk dulu ke BLK untuk mendapatkan peningkatan kemampuan sesuai kebutuhan dunia kerja.

         Keahlian yang didapatkan itu adalah modal terbaik, yang diharapkan bisa membantu dalam mencari kerja.

         Nasrul berharap skema tersebut bisa membantu menurunkan jumlah pengangguran terbuka di provinsi itu yang masih berada pada angka 5,8 persen.

         Agar hal itu bisa terwujud, tentu saja pemerintah kabupaten dan kota harus ikut memperhatikan peningkatan sarana serta prasarana BLK agar benar-benar bisa menjadi lembaga yang mampu mencetak tenaga handal di berbagai bidang.

         Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar, Nasrizal mengatakan rapat itu dihadiri oleh seluruh perwakilan kabupaten dan kota untuk membahas upaya peningkatan SDM tenaga kerja dan menurunkan angka pengangguran terbuka.

         "Kita berharap rapat koordinasi ini bisa menghasilkan kesepahaman antara provinsi, kabupaten dan kota dalam mengatasi persoalan ketenagakerjaan di Sumbar," kata dia. (*)





Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Riko Syaputra
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Petugas Rumah Tahanan kelas II B Lubuk Sikaping kembali kecolongan setelah satu warga binaannya ...
Baca Juga