Minggu, 24 September 2017 - 4 Muharram 1439 H

Indonesia Adakan Parade ASEAN Peringati HUT Ke-50

Logo ASEAN.
Jakarta, (Antara Sumbar) - Pemerintah Indonesia akan mengadakan Parade ASEAN untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-50 ASEAN yang jatuh pada Agustus, kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir di Jakarta, Kamis.

Parade ASEAN itu akan dilaksanakan di Jakarta pada Minggu, 27 Agustus 2017 mulai pagi pukul 07.00 WIB sampai selesai.

"Rencana pelaksanaan Parade ASEAN dalam rangka perayaan HUT Ke-50 ASEAN mengambil rute Monas, Thamrin, Bundaran HI, dan ada panggung hiburan di jalan Imam Bonjol," ujar Arrmanatha.

Menurut dia, penyelenggaraan Parade ASEAN itu juga bertujuan untuk menampilkan keragaman budaya dari 10 negara anggota ASEAN dan meningkatkan rasa persatuan dalam Komunitas ASEAN.

"Parade ASEAN ini juga untuk meningkatkan rasa Komunitas ASEAN. Berapa banyak dari kita yang mengerti budaya dari negara-negara tetangga kita di kawasan Asia Tenggara," tutur Arrmanatha.

Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kemlu, Jose Tavares menyampaikan bahwa Parade ASEAN itu merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan 50 tahun ASEAN yang sudah dimulai sejak awal 2017.

"Parade ASEAN ini akan dilaksanakan di sela-sela 'car free day' di Jakarta. Kita ingin terus mempromosikan Jakarta sebaga 'diplomatic capital of Southeast Asia' karena Sekretariat ASEAN juga ada di sini," ujar Jose.

Kemlu RI mengajak masyarakat Indonesia untuk turut turun bersama warga ASEAN lainnya di Jakarta dalam kegiatan parade yang akan diikuti oleh perwakilan dari 28 negara ASEAN dan negara mitra.

Parade ASEAN 50 akan diikuti oleh 3.000 peserta dan disaksikan oleh 50.000 hingga 100.000 pengunjung. Dalam kesempatan tersebut akan diumumkan pemenang lomba foto dan kompetisi vloggers HUT Ke-50 ASEAN.

Pada 29 Agustus 2017, sebanyak 68 pemuda dari 34 provinsi akan mengikuti Malam Final Pemilihan Duta Muda ASEAN di Balai Sarbini, dengan juri-juri ternama seperti Reza Rahadian, Wulan Tilaar, Najwa Shihab, Tyovan Widagdo dan Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kemlu, Jose Tavares.

Selanjutnya, pada 30 Agustus 2017, HUT Ke-50 ASEAN diperingati pula dengan penyelenggaraan Konferensi Sekretariat Nasional ASEAN-Indonesia dengan Pusat Studi ASEAN (PSA).

Sinergi antara Setnas ASEAN-Indonesia dengan 36 PSA yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia tersebut bertujuan mendorong masyarakat untuk lebih memanfaatkan peluang dalam Masyarakat ASEAN.

Pada 31 Agustus 2017, Ditjen Kerja Sama ASEAN Kemlu bekerja sama dengan Sekretariat ASEAN (ASEC) memberikan "coaching clinic" bagi PSA untuk memanfaatkan dana perwalian yang dikelola ASEC. Dana tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan riset yang memajukan Masyarakat ASEAN.

Tidak hanya itu, pada 28 September 2017, acara "CEO Forum 2017: Sharing of Success Stories, Experiences and Best Practices" yang diselenggarakan bagi para pelaku bisnis untuk semakin memperluas pasar ke negara-negara ASEAN.

Untuk menutup rangkaian kegiatan perayaan 50 tahun ASEAN, pada 28-30 Oktober 2017, ASEAN Youth Interfaith Camp diadakan untuk membawa pemuda-pemuda ASEAN merasakan keberagaman dan persatuan di Indonesia selama tiga hari.

Kegiatan itu terbuka bagi masyarakat luas, untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat melalui website dan akun sosial media Kemlu RI. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Riko Syaputra
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Petugas Rumah Tahanan kelas II B Lubuk Sikaping kembali kecolongan setelah satu warga binaannya ...
Baca Juga