600 Ekor Sapi Kurban Dibutuhkan Setiap Tahun di Padang Panjang

id sapi kurban

600 Ekor Sapi Kurban Dibutuhkan Setiap Tahun di Padang Panjang

Peternak sedang melihat kondisi sapi. Padang Panjang tahun ini membutuhkan sekitar 600 ekor sapi untuk hewan kurban pada lebaran Idul Adha 1438 H. (ANTARA SUMBAR/Zulham BK)

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Masyarakat Kota Padang Panjang membutuhkan sekitar 600 ekor lebih sapi untuk keperluan hewan kurban pada Lebaran Idul Adha 1438 Hijriah.

"Kami memperkirakan kebutuhan hewan kurban itu tidak jauh dengan tahun sebelumnya yang mencapai 617 ekor," kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Padang dan Pertanian Padang Panjang Wahid di Padang Panjang, Selasa.

Kebutuhan sapi kurban masyarakat itu, kata dia, sesuai dengan jumlah lokasi penyembelihan hewan kurban yang ada di daerah itu.

Lokasinya ada di sekitar 80 titik yang tersebar di 16 kelurahan yang ada di Padang Panjang. Rata-rata satu lokasi menyembelih empat sampai delapan ekor sapi," sebutnya.

Sekitar 90 persen sapi kurban untuk Padang Panjang di datangkan dari luar daerah, mengingat minimnya sapi pedaging di daerah itu.

Sementara untuk mendapatkan sapi dari luar daerah, masyarakat atau panitia kurban hanya menghubungi "tauke" sapi (agen penyalur sapi), tanpa harus membeli langsung ke pemilik sapi.

"Kebiasaan masyarakat atau panitia masjid membeli hewan kurban melalui tauke sapi saja. Dan tauke itu langsung mengantarkan sapi ke lokasi pemotongan beberapa hari menjelang hari H pemotongan," jelasnya.(*)