Tekan Lakalantas, Polres Pesisir Selatan Bagikan Stiker Tertib Berkendara

id Lakalantas

Tekan Lakalantas, Polres Pesisir Selatan Bagikan Stiker Tertib Berkendara

(ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Painan, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor Pesisir Selatan, Sumatera Barat, membagikan stiker tertib berkendara kepada sejumlah pengendara di daerah itu dalam rangka kegiatan Tahun Keselamatan untuk Kemanusiaan 2017-2018, Rabu.

"Selain membagikan stiker kami juga melakukan pembinaan kepada komunitas sepeda motor, ojek dan berupaya membentuk karakter generasi muda khusus pada usia sekolah dengan membentuk polisi cilik (pokcil) dan polisi keamanan sekolah (PKS)," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Pesisir Selatan Iptu Ghanda Novidiningrat di Painan.

Kegiatan yang melibatkan ratusan peserta tersebut mengusung tema "Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan". "Mudah-mudahan dengan kegiatan ini bisa meminimalkan angka kecelakaan di Kabupaten Pesisir Selatan," katanya.

Ia menyebutkan khusus mengantisipasi pelanggaran lalu lintas di lingkungan sekolah pihaknya berencana membentuk serta memberdayakan PKS.

Setelah dibentuk, pelajar yang tergabung didalam PKS diberi pemahaman seputar kemanan dan ketertiban selama berkendara.

Selanjutnya pada waktu tertentu PKS akan melakukan razia lengkap dengan blangko tilang serta didampingi beberapa orang guru.

Jika terdapat pelajar yang melanggar lalu lintas PKS akan memberikan surat tilang dengan menyita kartu pelajar, selanjutnya hasilnya akan diserahkan ke guru bimbingan konseling di sekolah tersebut.

Menurutnya semua sekolah di Pesisir Selatan akan dilibatkan dalam pembentukan PKS sehingga kesadaran berlalu lintas tertanam sejak dini. (*)