Rabu, 20 September 2017 - 29 Zulhijjah 1438 H

Sumbar Siapkan Objek Wisata Sambut Peserta HPN 2018

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian. (Antara Sumbar/Miko Elfisha)
Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, akan memaksimalkan potensi promosi pariwisata pada puncak pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang dihelat di daerah itu 9 Februari 2018.

"Lebih 3.000 wartawan dari seluruh Indonesia akan menghadiri kegiatan ini. Potensi promosi yang sangat besar ini harus bisa memberikan efek positif pada wisata Sumbar," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian di Padang, Senin.

Menurut dia, sejumlah destinasi wisata unggulan pada beberapa kabupaten dan kota akan disiapkan untuk menyambut peserta HPN 2018.

"Peserta kemungkinan hanya dua atau tiga hari di Sumbar, tidak mungkin bisa mengunjungi semua destinasi. Kita arahkan pada destinasi yang siap," jelas dia.

Kesiapan itu, menurut dia seperti kebersihan toilet, sistem perparkiran yang baik dan pencantuman harga makanan di pusat-pusat kuliner.

Oni mengemukakan pihaknya akan berkoordinasi dengan kabupaten dan kota terkait kesiapan itu dan akan membagi rute kunjungan peserta HPN sesuai kesiapan daerah.

Selain kesiapan destinasi, Dinas Pariwisata Sumbar juga akan mendata kegiatan budaya dan kesenian yang bisa ditampilkan pada momen HPN.

"Kita akan coba jajaki kegiatan budaya dan kesenian yang waktunya berdekatan dengan HPN. Kalau memungkinkan waktunya digeser bertepatan dengan 7, 8 atau 9 Februari 2018," lanjutnya.

Hal itu, sebutnya penting untuk dilakukan karena potensi wisata Sumbar bukan hanya wisata alam, tetapi juga seni dan budaya yang memikat sehingga perlu untuk dieksplorasi agar bisa menarik minat peserta HPN.

"Kita berharap, peserta HPN akan tergerak untuk menulis pengalamannya saat mengunjungi destinasi wisata dan menikmati seni budaya daerah," jelas Oni.

Sebelumnya Penanggung Jawab atau Ketua Panitia HPN 2018 yang sehari-hari sebagai Ketua PWI Pusat, Margiono saat Peluncuran HPN Sumbar 2018, di Jakarta, Minggu malam.

Ia mengatakan HPN bertemakan "Meminang Keindahan di Padang Kesejahteraan" yang akan diwarnaikan beragam kegiatan menjelang hari puncak pada 9 Februari 2018.

Menurutnya, keindahan alam, budaya, kuliner dan sejarah bangsa, hingga hari ini masih belum menjadi prioritas perhatian orang untuk berkunjung, karena itu perlu upaya untuk mendorong hal itu, salah satunya melalui masyarakat pers Indonesia. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Riko Syaputra
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Petugas Rumah Tahanan kelas II B Lubuk Sikaping kembali kecolongan setelah satu warga binaannya ...
Baca Juga