Berikut Mekanisme Pengambilan Kartu Ujian CPNS Kemenkumham Sumbar

id Seleksi CPNS

Berikut Mekanisme Pengambilan Kartu Ujian CPNS Kemenkumham Sumbar

Para peserta Calon Pegawai Negeri Sipil CPNS) Kementerian hukum HAM untuk daerah Sumbar, melakukan pengukuran tinggi badan dan verifikasi data di kawasan Gor H Agus Salim, Padang, Senin (11/9) . (ANTARA SUMBAR/Fathul Abdi)

Padang, (Antara Sumbar) - Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat (Sumbar), menerapkan mekanisme penyamaan hari bagi peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 dari jalur Sekolah Menengah Atas (SMA) se-derajat, untuk mengambil kartu ujian.

"Bagi peserta yang telah lolos pengukuran tinggi badan dan verifikasi data, tahapan selanjutnya adalah ujian tertulis yang akan dimulai Senin (18/9). Ada mekanisme penyamaan hari untuk mengambil kartu ujian tertulis itu," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar, Dwi Prasetyo Santoso di Padang, Rabu.

Mekanisme penyamaan hari itu yaitu peserta yang mengikuti tes pengukuran tinggi badan dan verifikasi data pada Senin (11/9), maka pengambilan kartu ujian juga dilakukan pada Senin (18/9).

Sementara peserta yang mengukur tinggi badan pada Selasa (12/9), maka pengambilan kartu ujian juga dilakukan pada Selasa (19/9). Hal yang sama juga diberlakukan untuk Rabu.

Hanya saja untuk peserta yang mengukur tinggi dan verifikasi data pada Kamis (13/9), pengambilan kartu ujian dilakukan pada Rabu (20/9). Mengingat pada Kamis (20/9) adalah hari libur nasional.

Untuk hari selanjutnya kembali diterapkan mekanisme penyamaan hari yaitu pengukuran badan dan verifikasi yang dilakukan Jumat (15/9), mengambil kartu ujian Jumat (22/9), lalu Sabtu (16/9) untuk Sabtu (22/9).

Dwi menyebutkan untuk pengambilan kartu ujian peserta diwajibkan membawa Kartu Pendaftaran SSCN, serta formulir verifikasi dokumen asli dan pengukuran tinggi badan.

Pengambilan nomor itu dilakukan di Kantor Kanwil Kemenkumham Sumbar Jalan S Parman Nomor 256, Ulak Karang, Padang, daerah setempat.

Pada bagian lain, tercatat sejak Senin (11/9) sebanyak 12.000 peserta telah mengikuti seleksi pengukuran tinggi dan verifikasi data.

Sementara peserta CPNS yang mendaftar melalui jalur sarjana, telah melaksanakan ujian tertulis yang dimulai pada Senin (11/9).

"Dalam tiga hari sebanyak 750 orang yang mendaftar dari jalur sarjana, telah mengikuti ujian tertulis. Mereka yang lulus selanjutnya akan melaksanakan tes kepribadian dan wawancara di Jakarta," katanya. (*)