Ada Jalur Khusus Truk Sampah di Bekasi

id truk sampah

Ada Jalur Khusus Truk Sampah di Bekasi

Truk Sampah. (Antara)

Bekasi, (Antara Sumbar) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Bekasi, Jawa Barat, akan membangun dua proyek jalan layang sebagai koridor angkutan truk sampah DKI Jakarta menuju Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Bantargebang.

"Titiknya berlokasi di Rawapanjang Kecamatan Bekasi Timur dan di Jalan Cipendawa Kecamatan Rawalumbu," kata Kepada Dinas PUPR Kota Bekasi Tri Adhiyanto di Bekasi, Minggu.

Menurut dia, kedua sarana infrastruktur jalan itu telah disepakati bersama pihaknya dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama untuk digarap pada 2017.

Jembatan Layang Rawapanjang rencananya akan membentang mulai dari Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan dan melintasi Jalan Raya Siliwangi menuju Bantargebang.

"Kendaraan dari arah Jalan Ahmad Yani akan terus melaju melintasi Pekayon dan turun di Jalan Siliwangi," katanya.

Sedangkan Jembatan Layang Cipendawa akan membentang dari arah Jatiasih dan menikung ke Jalan Raya Siliwangi menuju Bantargebang.

Kendaraan truk sampah dari Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) bisa langsung naik ke jalan layang dan keluar di Jalan Siliwangi sehingga tidak menganggu lalu lintas dan polusi bau sampah di kawasan Jatiasih.

Dikatakan Tri, untuk tahap awal Pemkot Bekasi telah menagaggarkan dana Rp200 miliar untuk kegiatan tersebut.

"Proyek ini akan didanai oleh Pemkot Bekasi dan DKI Jakarta. Saat ini kami baru mengalokasikan Rp200 miliar, sisanya masih menunggu bantuan dari DKI," katanya. (*)