Ratusan Penghafal Ikuti Program Bimbingan Tahfiz Gratis di Masjid Nurul Iman Padang

id tahfiz

Ratusan Penghafal Ikuti Program Bimbingan Tahfiz Gratis di Masjid Nurul Iman Padang

Seorang peserta sedang membacakan ayat suci Al-Quran dalam Lomba Tahfiz yang diselengarakan oleh Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, Rabu (14/6). Pemerintah Kota Pariaman membudayakan hafal Al-Quran kepada generasi muda di kota itu melalui lomba tahfiz tingkat sekolah dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. (Antara Sumbar / Aadiaat M. S.)

Padang, (Antara Sumbar) - Sebanyak lebih kurang 200 orang warga Kota Padang Sumatera Barat mengikuti program bacaan serta hafalan Al Quran atau tahfizh dan tahsin yang digelar oleh Masjid Agung Nurul Iman Padang.

Direktur utama program, Ahmad Lidra di Padang, Minggu, mengatakan program tahfizh ini merupakan salah satu program unggulan masjid dengan didirikannya Lembaga Tahfizh Masjid Agung Nurul Iman.

"Pada semester dua ini ada sebanyak dua ratus penghafal yang ikut bergabung di dalam program," katanya.

Ia menyebutkan program ini sudah dimulai semenjak bulan Januari 2017 lalu, dan pelaksanaan kali ini sudah memasuki semester yang kedua dan peminatnya lumayan tinggi.

Menurutnya program bimbingan ini dilakukan secara gratis dan akan dibimbing oleh mentor yang merupakan lulusan Mesir dan Sekolah Tinggi Ilmu Alquran yang ada di Indonesia.

"Pada program ini terdapat lima orang mentor yang akan membimbing para pengafal Alquran, diantaranya merupakan lulusan Al-azhar Kairo Mesir, STAIPIQ Padang dan STAI Al-Khudwah Depok," ujarnya.

Ia menambahkan peserta program ini berusia mulai dari 17 hingga 40 tahun yang berasal dari berbagai profesi.

Menurut dia para peserta bebas menentukan kapan akan dilakukan bimbingan dan nantinya mereka akan ada pada kelompok-kelompok terpisah yang terdiri dari tujuh orang.

Salah seorang peserta program tahfizh Amelia yang merupakan seorang mahasiswa mengatakan program ini sangat membantunya dalam proses menghafal Alquran.

"Setelah dua kali pertemuan rata-rata saya sudah menghafal hingga dua halaman Alquran," katanya. (*)