KPK Kunjungi Golkar-PSI Bahas Politik Berintegritas

id Febri Diansyah

KPK Kunjungi Golkar-PSI Bahas Politik Berintegritas

Juru Bicara KPK Febri Diansyah. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Tim Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melakukan pertemuan dengan pengurus pusat Partai Golkar dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk berdiskusi tentang bagaimana mewujudkan politik berintegritas secara bersama-sama.

"Hari ini, pukul 13.00 WIB, tim politik berintegritas akan mendatangi Partai Golkar dan PSI," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Senin.

Lebih lanjut, Febri menyatakan kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari rangkaian upaya pencegahan korupsi yg dilakukan oleh Kedeputian Bidang Pencegahan KPK.

"Kajian pematangan kita lakukan tahun 2016 lalu dan surat sudah kita sampaikan ke Presiden," kata Febri.

Terkait kunjungan ke Golkar, kata dia, KPK akan diwakili oleh Deputi Bidang Pencegahan KPK Pahala Nainggolan dan tim.

"Sedangkan kunjungan ke PSI akan datang Plh Direktur Pendidikan dan Layanan Masyarakat Giri Suprapdiono," tuturnya.

Menurutnya, selain pengelolaan pendanaan dan keuangan parpol, ada tiga hal mendasar lainnya yang perlu diadopsi dalam tata kelola parpol.

"Pertama, penyempurnaan sistem etik dan konsistensi penegakannya, kedua pembangunan sistem kaderisasi yang terstruktur, baku, dan berjenjang serta ketiga pembangunan sistem rekrutmen pejabat publik yang inklusif dan berjenjang serta terkait erat dengan promosi kader," kata Febri.

Selain itu, kata Febri, perbaikan pendanaan dan tata kelola keuangan parpol merupakan keniscayaan demi terwujudnya tata kelola parpol yang berintegritas. (*)