Golkar Pilih Usung Emzalmi-Desri Dalam Pilkada Kota Padang

id Golkar

Golkar Pilih Usung Emzalmi-Desri Dalam Pilkada Kota Padang

Partai Golkar. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Partai Golkar Kota Padang, Sumatera Barat memutuskan akan berkoalisi dengan beberapa partai untuk mengusung pasangan Emzalmi dan Desri Ayunda dalam Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang tahun 2018.

"Kami telah bersepakat untuk mendukung Emzalmi dan Desri Ayunda dalam Pilkada nanti, sejauh ini sekitar empat partai yang akan mendukung pasangan ini," kata Ketua DPD Golkar Padang Wahyu Iramana Putra setelah rapat pleno partai di Padang, Sabtu

Wahyu mengatakan dalam waktu dekat pihaknya dan partai lainnya akan melakukan deklarasi untuk mengusung Emzalmi dan Desri Ayunda dalam Pilkada 2018.

"Kita akan mendeklarasikan pasangan ini pada awal Oktober 2017, tujuannya agar tim pemenangan segera bekerja menghadapi tahapan pemilu," kata dia.

Wahyu menerangkan pemilihan Emzalmi-Desri Ayunda ini merupakan hasil rapat pleno pada Sabtu (23/9) yang diikuti oleh pimpinan kecamatan dan kader partai Golkar Kota Padang.

"Selanjutnya hasil ini akan dilaporkan kepada DPD Provinsi dan DPP Golkar," katanya.

Ia mengatakan dari survei yang dilakukan oleh partainya hanya Emzalmi yang memiliki kemampuan bersaing dengan Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah dalam pilkada nanti.

Selain itu Emzalmi merupakan seorang birokrat senior yang sangat paham dengan kota ini. Sedangkan Desri merupakan sosok yang tepat untuk mendampingi Emzalmi

"Kami menilai duet pasangan Emzalmi bersama Desri Ayunda memiliki kemampuan untuk mengalahkan calon lainnya," kata dia.

Terkait Weno Aulia durin yang sebelumnya akan didukung Golkar dalam Pilkada Padang. Ia menjelaskan Weno Aulia Durin mengundurkan diri dalam pencalonan karena alasan keluarga.

"Kita sudah berkomunikasi dengan Weno, ia mengatakan tidak ingin maju karena beberapa alasan. Lalu kami lakukan rapat pleno untuk menentukan siapa calon yang akan kami dukung dalam Pilkada ini" kata dia.

Ia mengatakan sejak awal Partai Golkar telah melakukan penjaringan dalam mengahadapi pilkada baik dari kader partai maupun fungsionaris partai.

Beberapa nama yang masuk penjaringan seperti Weno Aulia Duri, Zulhardi Z Latif, Irwan Basir, Syafril Basir dan Afrizal. Hasilnya Golkar mendukung Weno Aulia dan memberikan batas waktu untuk menjalin komunikasi dengan partai lain.

Selang beberapa bulan, Weno mengatakan dirinya mengundurkan diri untuk maju dalam Pilkada Padang dari Partai Golkar.

"Kami langsung melakukan rapat untuk menentukan arah dukungan. Hasilnya kami sepakat untuk mendukung pasangan Emzalmi dan Desri Ayunda yang merupakan putra asli daerah," kata dia.

Sementara itu bakal calon Wali Kota Padang Emzalmi menyambut baik keputusan itu. Dirinya berterima kasih kepada partai karena mendukung dirinya maju dalam Pilkada Kota Padang.

"Ini seperti saya pulang ke rumah sendiri, saya dibesarkan oleh Partai Golkar dan sekarang partai mendukung saya maju dengan Desri Ayunda dalam pilkada," kata Wakil Wali Kota Padang ini.

Ia mengatakan sudah ada beberapa partai yang mendukung dirinya maju dalam Pilkada Kota Padang yang akan digelar pada tahun 2018 nanti.

"Semakin banyak partai yang mendukung tentu akan semakin kuat dalam memenangkan pemilu," katanya. (*)