Perayaan HUT PMI Pasaman Barat Diisi Dengan Berbagai Kegiatan

id PMIpasaman barat

Perayaan HUT PMI Pasaman Barat Diisi Dengan Berbagai Kegiatan

Bupati Pasaman Barat, Syahiran dan Ketua PMI, Yunisra saat menyaksikan peragaan simulasi penanggulangan bencana gempa bumi pada perayaaan HUT PMI ke-72 di halaman Kantor Bupati Pasaman Barat, Minggu (24/9).(Antara Sumbar/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Indonesia (PMI) ke-72 di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) diisi dengan berbagai kegiatan simulasi bencana dan kegiatan lainnya di halaman kantor bupati setempat, Minggu (24/9).

Simulasi bencana dilakukan dengan evakuasi korban gempa bumi yang bekerja sama dengan Basarnas Pasaman Barat. Selain itu kegiatan itu juga dilakukan donor darah massal dan pemeriksaan gigi gratis bagi masyarakat.

Bupati Pasaman Barat, Syahiran mengimbau kepada seluruh masyarakat Pasaman Barat agar senantiasa bersikap siap dan siaga terhadap segala kemungkinan bencana alam yang terjadi di daerah tersebut.

"Berbagai kemungkinan bencana seperti longsor, banjir, kebakaran ataupun gempa bumi bisa saja terjadi kapan saja, hal itu menuntut kesiagaan kita bersama," katanya.

Ia mengatakan PMI sebagai organisasi kemanusiaan yang bersentuhan langsung untuk memberikan pertolongan kepada masyarakat diharapkan terus menunjukkan kiprahnya dengan tanpa pamrih. PMI harus terus bergerak untuk menolong masyarakat.

"Ini tugas berat tentunya. Untuk itu, saya harapkan PMI meningkatkan kerjasama dengan mitra, pemangku kepentingan, dan instansi lintas sektoral untuk bersama melakukan upaya pencegahan risiko bencana," ujarnya.

Ia mengucapkan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada ketua, pengurus dan relawan PMI Pasaman Barat yang sudah aktif bergerak dalam menangani penanggulangan bencana di daerah tersebut.

"Dalam kesempatan ini saya juga mengimbau kepada masyarakat untuk secara sukarela mendonorkan darah. Hal ini sangat berguna dari sisi kemanusiaan dan juga sangat bermanfaat untuk kesehatan," sebutnya.

Sementara, Ketua PMI Pasaman Barat, Yunisra mendorong para pekerja insan kanusiaan untuk tidak kenal lelah dalam membantu masyarakat dengan melakukan kegiatan pengurangan risiko bencana dan mengatasi masalah sosial lainnya.

"Kesiapan menghadapi dan mengurangi risiko bencana harus menjadi bagian dari budaya kita agar masyarakat selalu siap siaga dan tumbuh menjadi masyarakat yang tangguh terhadap bencana," katanya.

Pada kegiatan itu turut dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda) Pasaman Harat, Sekretaris Daerah, Manus Handri, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pasaman Barat, Ketua DWP Pasbar, Harnina Harnina Manus Handri dan organisasi pemuda yang ada. (*)