Pemkot Payakumbuh Fokus pada Peningkatan Perekonomian Masyarakat

id wali kota payakumbuh

Pemkot Payakumbuh Fokus pada Peningkatan Perekonomian Masyarakat

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi beserta wakilnya Erwin Yunaz menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan pejabat Eselon II dan III di Lingkungan pemerintahan setempat. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Payakumbuh, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) beserta wakilnya akan fokus meningkatkan perekonomian masyarakat untuk masa jabatan lima tahun ke depan.

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi saat dihubungi, Selasa mengatakan hal itu sesuai dengan visi dan misinya. Hal itu berbeda dengan periode pertama, dimana visi dan misinya lebih ditekankan pada pelayanan dasar berupa pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.

Menurutnya peningkatan perekonomian yang tersebut bermakna luas, termasuk juga di dalamnya bidang pariwisata, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), perdagangan, pertanian.

"Bukan berarti bidang-bidang lainnya tidak penting. Ini adalah soal prioritas," kata dia.

Riza mengatakan dirinya akan berbagi tugas dengan wakilnya Erwin Yunaz untuk masa jabatan 2017-2022. Wakil wali kota diberi kewewenangan untuk mengawasi beberapa perangkat daerah, termasuk kecamatan hingga kelurahan.

Ia juga mengajak seluruh pejabat dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh agar bekerja secara profesional di bidang mereka masing-masing.

"Tanda profesional, mereka harus tahu apa yang harapkan atau kehendak atasan. Agar mengetahui, tentunya harus baca visi-misi, dan diterjemahkan ke dalam rencana taktis dan rencana strategis," tambah dia.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Erwin Yunaz selain memperkenalkan diri dan mengurai niatnya membangun kampung halaman, juga mengajak seluruh pejabat serta Aparatur Sipil Negara (ASN)untuk mendukung mewujudkan "mimpi-mimpi hebat" kepala daerah yang tertuang dalam visi-misi.

"Saya hanya ingin mengajak semua mendukung penuh itikad Wali Kota membangun Payakumbuh yang lebih baik. Mari bergandeng tangan, membuat pemerintahan yang sehat untuk mendapatkan hasil membanggakan," katanya. (*)