Blangko KTP-el Diperkirakan Habis Akhir Oktober 2017

id e-KTP

Blangko KTP-el Diperkirakan Habis Akhir Oktober 2017

(FOTO ANTARA/Rahmad)

Painan, (Antara Sumbar) - Pejabat Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, memperkirakan blangko Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik di daerah itu habis pada akhir Oktober 2017.

"Pada pertengahan September 2017 pencetakan e-KTP ditiadakan karena kehabisan blangko, pada awal Oktober blangko kembali tersedia namun hanya 4.000 lembar dan kami perkirakan habis pada akhir Oktober," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan, Reva F Yuliasman di Painan, Rabu.

Terkait hal tersebut pihaknya mengaku telah melayangkan surat ke kementerian terkait agar blangko e-KTP bisa disiapkan sebelum kehabisan.

"Mudah-mudahan kejadiannya tidak seperti ketika blangko e-KTP habis pada pertengahan September, waktu itu surat juga sudah kami layangkan namun pemenuhannya memakan waktu hingga dua minggu setelah blangko e-KTP habis," jelasnya.

Akibatnya pada waktu itu masyarakat yang telah melakukan perekaman tidak langsung mendapatkan e-KTP namun hanya diberikan surat bukti perekaman.

"Jika hingga akhir Oktober kekurangan blangko e-KTP tidak juga dipenuhi mau tidak mau surat bukti perekaman kembali diterbitkan," ujarnya.

Saat ini di kabupaten setempat terdapat 14.647 warga yang telah melakukan perekaman dan tinggal mencetak e-KTP saja.

Jumlah tersebut akan terus bertambah pada setiap harinya karena terdapat 65 ribu warga setempat yang belum melakukan perekaman.

"Mudah-mudahan penambahan blangko e-KTP periode selanjutnya kuotanya bisa ditambah minimal tiga kali lipat, selain tidak berdampak pada pelayanan ke masyarakat juga tidak membutuhkan biaya penjemputan berulang-ulang," sebut Yuliasman. (*)