Tanah Datar Upayakan Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi, Ini Langkahnya

id Irdinansyah Tarmizi

Tanah Datar Upayakan Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi, Ini Langkahnya

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi. (Antara)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Pemkab Tanah Datar, Sumbar, terus berupaya meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Laju pertumbuhan ekonomi Tanah Datar pada 2016 sebesar 5,01 persen, lebih rendah dari Provinsi Sumbar sekitar 5,26 persen, sehingga hal ini menjadi pemerintah daerah untuk meningkatkannya," kata Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi di Batusangkar, Jumat.

Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi itu pemerintah daerah bersama DPRD akan saling bersinergi dan bekerjasama dalam pengelolaan kekayaan alam dan potensi yang dimiliki dengan mengembangkan sektor pertanian dan pariwisata.

Dua sektor ini didukung dengan industri kerakyatan dan usaha kecil menengah seperti tertuang dalam visi dan misi pemerintah daerah dalam RPJMD yakni meningkatkan ekonomi masyarakat berbasis kerakyatan dengan memanfaatkan sumber daya alam.

Bupati meminta setiap organisasi perangkat daerah (OPD) dapat membuat program yang dapat meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi dan berdampak nyata bagi kesejahteraan masyarakat Tanah Datar.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Baperlitbang) Tanah Datar, Alfian Jamrah menambahkan pihaknya akan merumuskan strategi dan kebijakan yang diperlukan dalam rangka percepatan peningkatan laju pertumbuhan ekonomi.

"Bermacam sektor penunjang perekonomian akan dikaji dan dibahas terutama peningkatan kualitas sumber daya alam dan produksi komoditas pertanian unggulan," katanya. (*)