Segera, Wisata Arung Jeram Tersedia di Padangpariaman

id arung jeram

Segera, Wisata Arung Jeram Tersedia di Padangpariaman

Anggota kelompok sadar wisata Lubuk Alung (LA) Adventure dan Sarasah Kabupaten Padangpariaman, Sumatra Barat sedang latihan arum jeram di aliran Sungai Batang Anai, Minggu (8/10). (ANTARA SUMBAR/ Istimewa)

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Kabupaten Padangpariaman, Sumatra Barat segera memiliki objek wisata olahraga arung jeram guna meningkatkan kunjungan wisatawan dan perekonomian masyarakat di daerah itu.

"Saat ini anggota kelompok sadar wisata (Pokdarwis) sedang melakukan latihan yang pelatihnya didatangkan dari Bandung," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Padangpariaman, Jon Kenedi di Parit Malitang, Minggu.

Ia mengatakan anggota Pokdarwis tersebut juga berasal dari pemandu wisata yang telah mendapatkan lisensi dari lembaga wisata di daerah itu.

Namun, lanjutnya untuk mengembangkan wisata olahraga yang menggabungkan pertualangan, edukasi, rekreasi, dan kekompakan tersebut diperlukan latihan intens agar anggota Pokdarwis mahir dalam memandu perahu karet di derasnya aliran sungai.

Ia menyebutkan latihan yang dilakukan oleh anggota Pokdarwis tersebut dilaksanakan setiap hari, mulai dari 28 September lalu.

Apabila anggota Pokdarwis tersebut telah mahir memandu perahu maka pihaknya akan mengurus asuransi dari objek wisata itu guna memastikan keselamatan wisatawan.

"Jadi kami betul-betul persiapkan dulu. Ketika persiapan telah matang maka objek wisata ini akan kami umumkan ke wisatawan lokal maupun nasional," katanya.

Kepala Bidang Pengembangan Objek Wisata Disparpora Kabupaten Padangpariaman, Wiwik Herawati mengatakan dipilihnya Pokdarwis yang terdiri dari pemuda setempat sebagai pemandu kapal arung jeram bertujuan agar masyarakat langsung merasakan dampak setiap pengembangan objek wisata di daerah itu.

"Namun untuk saat ini Pokdarwis yang dilatih untuk arung jeram ini baru Lubuk Alung (LA) Adventure dan Serasah," ujarnya.

Apabila ini berhasil, lanjutnya maka akan dikembangkan ke Pokdarwis di kecamatan lainnya karena sungai-sungai di daerah itu berpotensi untuk dikembangkan olahraga wisata arung jeram.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis LA Adventure, Ritno Kurniawan mengatakan sungai yang digunakan untuk melaksanakan latihan arung jeram yaitu aliran Sungai Batang Anai yang dilaksanakan setiap hari mulai dari pukul 09.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.