Wawako Solok Ajak Mahasiswa Cerdas Berwirausaha

id kuliah umum di Solok

Wawako Solok Ajak Mahasiswa Cerdas Berwirausaha

Peserta kuliah umum, mahasiswa Kota Solok dan Kabupaten Solok mendengarkan arahan Wakil Walikota Solok, Reiner dalam kuliah umum kewirausahaan, pada Minggu (8/10). (Antara Sumbar/ Tri Asmaini)

Solok, (Antara Sumbar) - Wakil Walikota Solok, Sumatera Barat Reiner mengajak mahasiswa di Kota tersebut untuk cerdas berwirausaha karena persaingan angkatan kerja yang meningkat.

"Setiap tahun ada puluhan ribu lulusan perguruan tinggi yang akan mencari kerja, dengan orientasi menjadi pegawai negeri, sedangkan lapangan kerja pegawai sangat terbatas," kata Wakil Walikota Reiner di Solok, Minggu pada kuliah umum kewirausahaan oleh Anugrah Kewirausahaan Minang (MEA) 2017.

Ia mengatakan kegiatan hari ini salah satu strategi untuk menumbuhkan mental positif wirausaha mandiri di kalangan usia muda. Karena tidak mungkin semua lulusan terserap kerja di Pemerintahan atau perusahaan swasta.

Jika berwirausaha tentu generasi muda dapat menegmbalikan uang kuliah yang selama ini terpakai selama bertahun-tahun.

Dengan cerdas berwirausaha, para mahasiswa dapat memiliki keberanian dan optimisme menjadi seorang pengusaha, apalagi pada masa pembangunan dan era perdagangan seperti ini, dibutuhkan mental dan kemampuan wirausaha agar kita mampu bersaing dengan dunia luar.

Para pengusaha pun harus kreatif dalam mengambangkan usahanya agar sesuai dengan perkembangan zaman dan tetap berjalan terus.

"Saya berharap, ilmu dari seminar ini dapat diterapkan bagi generasi muda dan mahasiswa untuk ikut menciptakan lapangan kerja dengan berwirausaha mulai dari sekarang atau setelah menyelesaikan studi," ujarnya.

Oleh karena itu, sudah saatnya dilakukan perubahan paradigma berpikir di kalangan mahasiswa dan pemuda, dari pola pikir "mencari kerja setelah lulus kuliah" menjadi "pencipta lapangan kerja".

Para narasumber dan cendikiawan berskala nasional tentu akan memberikan motivasi untuk menjadi seorang wirausaha yang memiliki mental, keberanian yang tinggi, dan cerdas dalam mengelola usahanya.

Selain itu, pengembangan jiwa kewirausahaan sangatlah penting dalam rangka menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan yang masih memprihatinkan di negeri kita.

Pemateri kuliah umum yaitu Andrinof A.Chaniago Komisaris utama Bank BRI, ketua Kadin Sumatera Barat Ramal Soleh, Sekretaris Dirjen Kementrian Perindustrian Eddy Siswanto.

Sementara itu, Rektor Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Prof. Dr. Elfi Sahlan Ben, A.Pt mengatakan agar mahasiswa orientasinya jangan hanya menjadi pegawai saja, tapi harus bisa berwirausaha sehingga tercipta lapangan kerja yang kreatif dan inovatif.

"Mudah-mudahan mahasiswa dapat menyerap ilmu yang disampaikan dari pemateri sehingga bisa memulai dan mengembangkan usaha dimulai dari yang terkecil," ujarnya. (*)