Warga Dharmasraya Minta Perbaikan Jembatan Nyaris Putus

id jembatan nyaris putus

Warga Dharmasraya Minta Perbaikan Jembatan Nyaris Putus

Pengendara melintas diatas jembatan yang nyaris putus di Nagari Sopan Jaya, Kecamatan Padang Laweh Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Minggu (8/10). Menurut informasi jembatan  nyaris putus akibat dilanda banjir berapa waktu lalu.  (Antara Sumbar/ Ilka Jensen)

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Warga Nagari (Desa Adat) Sopan Jaya Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) meminta pemerintah setempat segara memperbaiki jembatan yang nyaris putus akibat dilanda banjir berapa waktu lalu.

"Jembatan ini merupakan penghubung antar-provinsi Riau dan Sumbar," kata Wali nagari Sopan Jaya, Kecamatan Padang Laweh, Riza Ariandi di Pulau Punjung, Minggu.

Menurutnya keberadaan jembatan tersebut sangat vital dalam menunjang sektor ekonomi masyarakat setempat selain digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Seperti diketahui, ungkapnya setiap hari masyarakat di enam desa Kecamatan Kuantan, Kabupaten Kuansing, Provinsi Riau melintasi dijembatan tersebut untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari ke pasar ke Sopan Jaya.

"Sopan Jaya merupakan wilayah perbatasan, setiap hari aktivitas jual beli dilakukan masyarakat lintas regional, kalau jembatan ini sampai putus tentu akan merugikan masyarakat," ungkapnya.

Ia mengatakan jembatan yang berada di dusun (Jorong) Sopan Jaya tersebut dibangun pada 1992 dengan desain semi permanen.

Saat inj kondisi jembatan sudah rusak karena pada satu sisi pondasi jembatan telah digerus air sungai sehingga jembatan nyaris putus, kata dia.

"Saya perkirakan satu kali lagi banjir jembatan ini putus, karena pondasinya memang sudah tergerus air," katanya.

Ia menambahkan kerusakan jembatan tersebut sudah dilaporkan ke pemerintah setempat melalui pemerintah kecamatan serta berkoordinasi langsung dengan kepala daerah.

"Kami sudah sampaikan ke Bupati di saat kondisinya semakin parah," ujarnya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pekerja Umum Dan Perumahan Rakyat setempat, Junaidi Yunus saat dimana tanggapan mengatakan pihaknya sudah menerima laporan terkait kerusakan jembatan tersebut.

Menurutnya pembangunan jembatan secara permanen akan dilakukan pada 2018 dengan alokasi anggaran mencapai Rp2,5 miliar.

"Sudah dianggarkan tahun depan, kalau nanti tiba-tiba putus akan diupayakan untuk perbaikan melalui dana tanggap darurat," ungkapnya. (cpw12)

Teks Foto : Pengendara melintas di atas jembatan yang nyaris putus di Nagari Sopan Jaya, Kecamatan Padang Laweh Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Minggu (8/10). Menurut informasi jembatan nyaris putus akibat dilanda banjir berapa waktu lalu.