13.462 Peserta Tes CPNS Kemenkumham Tidak Lulus TKD

id Ujian CPNS

13.462 Peserta Tes CPNS Kemenkumham Tidak Lulus TKD

(FOTO ANTARA/Arif Pribadi)

Padang, (Antara Sumbar) - Sebanyak 13.462 peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan HAM di Sumatera Barat (Sumbar) dari kualifikasi SLTA sederajat dan Diploma III, tidak lulus Tes Kompetensi Dasar (TKD).

"Jumlah peserta yang mengikuti TKD pada awalnya 14.473 orang, yang dinyatakan lulus 1.011 orang," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Sumbar, Dwi Prasetyo Santoso di Padang, Senin.

Para peserta yang lulus TKD itu selanjutnya akan mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Kesamaptaan.

SKB Kesamaptaan itu rencananya dimulai pada 23 Oktober 2017, di Wirabraja Sport Center Tarandam, Padang.

"Peserta wajib membawa kartu ujian, KTP, dan kartu pendaftaran (lembar register) pada saat ujian nanti," tambahnya.

Dwi mengingatkan agar peserta terus memperdalam wawasan kesamaptaan, mengingat masih ada waktu tersisa sebelum tes dilakukan.

Sebelumnya, 1.011 orang itu adalah peserta yang lulus dari beberapa tes yang dilakukan untuk jalur SLTA se derajat dan DIII.

Berawal dari seleksi verifikasi data dan pengukuran tinggi dengan peserta sebanyak 22.821 orang.

Dari jumlah tersebut akhirnya dinyatakan lulus sebanyak 14.473 orang, yang selanjutnya mengikuti TKD. Dari TKD itulah kemudian dinyatakan lulus 1.011 orang.

Dwi juga mengingatkan agar peserta tidak menanggapi "oknum-oknum" yang menawarkan serta menjanjikan kelulusan dengan cara curang.

"Pemerintah telah menyatakan komitmen untuk melaksanakan tes CPNS secara bersih, jadi kelulusan peserta adalah prestasi sendiri," tegasnya. (*)