Mukomuko Siapkan Jalan Lewat Taman Nasional Kerinci

id Taman Nasional Kerinci

Mukomuko Siapkan Jalan Lewat Taman Nasional Kerinci

Ilustrasi hutan. (ANTARA)

Mukomuko, (Antara Sumbar) - Pejabat Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyatakan akan melakukan berbagai tahapan percepatan pembukaan jalan penghubung di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS) dengan Kabupaten Kerinci, Jambi.

"Kami akan melakukan percepatan dalam pembukaan jalan melalui berbagai tahapan seperti pemetaan lokasi," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko Robin Linton, di Mukomuko, Minggu.

Menurutnya, hal itu menindaklanjuti hasil koordinasi dengan Dinas Kehutanan Provinsi Bengkulu beberapa waktu yang lalu.

Ia menyatakan, tahapan untuk melakukan percepatan pembukaan jalan penghubung dalam TNKS, yakni pembentukan tim yang terdiri dari sektor utama bertugas melakukan pemetaan lokasi pembukaan jalan penghubung dalam TNKS.

Selain itu, katanya, tim juga menyiapkan draf, selanjutnya dibawa ke provinsi untuk proses ke tahap selanjutnya, yakni tahapan fisik seperti lebar jalan yang akan dibuka di lokasi tersebut.

"Saat ini di lokasi itu sudah alur jalannya," ujarnya pula.

Selanjutnya, ke tahapan perencanaan pembangunan jalan penghubung dalam TNKS yang selama ini sudah ada.

Dia berharap, dalam pembukaan jalan TNKS ini supaya baik, pemerintah provinsi dan pusat bisa memberikan kontribusi dalam mendorong mana daerah yang tidak siap.

Selain itu, katanya lagi, Dinas Kehutanan menyiapkan detail engineering design (DED) dan studi kelayakan pembukaan jalan dalam TNKS tersebut.

Lebih lanjut, pemerintah daerah setempat diminta untuk untuk menyamakan persepsi, menyamakan jadwal dengan Kabupaten Kerinci, dan terkait dengan pengurusan administrasi yang menjadi kebijakan pemerintah pusat.

Ada dua kegiatan pembangunan dalam kawasan TNKS, yakni pembangunan jalan dari simpang Kecamatan Penarik arah Kecamatan Selagan Raya kemudian tembus Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kerinci.

Selanjutnya pembukaan jalan kereta api dari Kabupaten Merangin, Jambi ke Kecamatan Teramang Jaya, Kabupaten Mukomuko.

Menurutnya, pemerintah merencanakan pembangunan jalan kereta api menuju ke Kecamatan Teramang Jaya, Kebupaten Mukomuko karena di wilayah itu direncanakan akan dibangun pelabuhan laut.

"Sudah lama pemerintah daerah setempat berencana membangun pelabuhan di wilayah Kecamatan Teramang Jaya," ujarnya lagi. (*)