Solok Gelar Gebyar TdS

id TdS

Solok Gelar Gebyar TdS

Dokumentasi - Sejumlah pebalap sepeda beradu kecepatan pada etape ketiga Tour de Singkarak 2016 di Rimbo Panti, Pasaman, Sumatera Barat, Senin (8/8/2016). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Arosuka, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, Sumatera Barat akan menggelar "Gebyar Tour de Singkarak" (TdS) untuk memeriahkan kegiatan balap sepeda internasional itu tahun ini.

"Gebyar TdS akan dilaksanakan pada 15 hingga 18 November 2017, yang akan diisi dengan aneka lomba," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Solok Yandra diwakili Kasi Promosi dan Pariwisata Rosmala Devi di Arosuka, Senin.

Gebyar TdS akan diisi dengan acara lomba baju kurung basiba kreasi, tari kreasi, musik kreasi dan barang bekas, swerta lagu gamad.

Sedangkan untuk ajang TdS sendiri, pada 16 hingga 26 November 2017, Kabupaten Solok akan dilewati dalam tiga kali etape.

Solok akan dilintasi pembalap TdS pada etape 3 tanggal 19 November 2017, yang start-nya dari Painan, Pesisir Selatan melewati Arosuka dan finis di Sawahlunto dengan panjang jalur swejauh 166 km.

Selanjutnya etape 4 pada 21 November 2017, start dari dermaga Singkarak dan finis di Payakumbuah dengan jalur sejauh 135 km.

Kemudian etape 6, pada 23 November 2017, start dari Kota Solok melewati Arosuka dan finis di Padang Aro, Solok Selatan.

Lanjutnya, Dinas Pariwisata setempat akan mengadakan pelbagai penampilan kesenian dalam menyambut tamu dari berbagai daerah nantinya, selain itu Solok sudah memiliki jingle TdS untuk menyemarakkan acara tersebut.

"Sebelumnya, ada jalur alternatif yang akan dipakai pada ajang TdS, yaitu Jalan Simpang Gunting Payo- batas Tanah Datar-Sumani untuk memvariasikan jalur, tetapi karena terbatasnya anggaran untuk perbaikan jalan tidak jadi dipakai," ujarnya.

Selain itu, Dinas Pariwisata juga memberikan sosialisasi kepada Wali Nagari, Camat, dan Kepala Sekolah yang daerahnya dilewati even TdS agar ikut memeriahkan dan memberi dukungan kepada atlet yang lewat nantinya. (*)