KMP Gambolo Jalani Perawatan, Pelayaran Padang-Mentawai Dilayani KMP Ambu-Ambu

Pewarta : id KM Gambolo

Kapal Motor Penumpang (KMP) Gambolo merapat di Pelabuhan Bungus Telung Kabung Padang Sumatera Barat. (ANTARA SUMBAR/Syahrul Rahmat/17.)

Padang, (Antara Sumbar) - Aktivitas pelayaran kapal penumpang dari Padang menuju Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, dan sebaliknya akan dilayani Kapal Motor Penumpang (KMP) Ambu-ambu karena KMP Gambolo sedang menjalani perawatan.

Manager Usaha dan Teknik Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Padang, Nickson Ambarita di Padang, Rabu, mengatakan selama sebulanterhitung 8 Oktober hingga 8 November 2017 KMP Gambolo akan menjalani perawatan tahunan.

"Untuk satu bulan ini KMP Gambolo sedang menjalani doking tahunan di Bandar Lampung, oleh karenanya aktivitas pelayarannya digantikan oleh KMP Ambu-ambu," katanya.

Ia menyebutkan selama satu bulan ini lintasan yang biasanya dilayani oleh KMP Gambolo tetap dilayani, akan teapi dengan intesitas yang berbeda.

"Jika biasanya pelayaran ke salah satu pelabuhan yang ada di Mentawai dilayani dua kali dalam seminggu, untuk saat ini hanya satu kali," ujarnya.

Lebih lanjut Nikson menjelaskan proses doking tahunan adalah rutinitas yang harus dilakukan oleh setiap kapal penumpang guna perawatan terhadap kapal tersebut.

"Setelah KMP Gambolo selesai doking pada awal bulan depan maka selanjutnya akan dilanjutkan dengan KMP Ambu-ambu," kata dia.

Sementara itu salah seorang pengguna jasa ASDP, Hafis Surya P (24) mengatakan setiap akan menuju Mentawai atau sebaliknya ia selalu menggunakan jasa dari KMP Gamblo atau Ambu-ambu.
Menurut dia, sekalipun intensitas pelayaran dari dan menuju Mentawai sedikit berkurang, tapi hal tersebut tidak masalah sebab proses doking penting untuk dilakukan untuk keselamatan perjalanan.

"Saat ini transportasi untuk menuju Mentawai tidak hanya Gambolo atau Ambu-ambu, tapi sudah ada kapal lain seperti Kapal Perintis dan juga Kapal Cepat," katanya. (*)
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar