Peran Orang Tua Dibutuhkan Awasi Anak Perempuan

Pewarta : id suir syam

Anggota DPR RI Suit Syam ketika menjadi pembicara pada acara Sosialisasi KIE Kreatif si Nagari Panyalai , X koto Tanah Datar, Jumat. (Antara Sumbar/ Benny)

Padang Panjang (Antara Sumbar) - Direktur Kesehatan Reproduksi BKKBN RI Mariana mengajak para orang tua di Kota Padang Panjang agar menjaga dengan ekstra kehormatan anak wanitanya karena maraknya terjadi pelecehan seksual di kalangan pelajar dan remaja saat ini.

“Peran orang tua sangat penting untuk mewujudkan keluarga kecil, bahagia sejahtera dan berkualitas,” kata Mariana di Padang Panjang, Minggu.

Hal itu dikatakannya terkait kegiatan sosialisasi Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Kreatif Keluarga Berencana (KB) yang dilaksanakan pihak BKKBN di daerah itu.

Mairiana juga mengatakan, pihaknya dari BKKBN Pusat bukan hanya melakukan pembinaan saja, namun dengan adanya sosialisasi langsung kepada masyarakat di daerah itu, ia juga bisa belajar kepada mesyarakat terkait kekompakan masyarakat.

“Dulu sosialisasi ini dilakukan dengan penyuluhan, saat ini kita mencoba merubah dengan menggunakan media tradisional yakni hiburan shalawat dulang dan seni budaya, hal itu diyakinkan dapat mengajak seluruh pendengar untuk dapat menjadi kader ataupun anggota KB,” terangnya.

Sementara itu anggota komisi sembilan DPR RI Suir Syam ketika menjadi pembicara dalam sosialisasi KIE Kreatif KB di Padang Panjang menuturkan, sosialisasi dalam pengendalian penduduk menjaditugas DPR RI khususnya komisi sembilan.

"Dari legislatif kami juga berkewajiban memantau dan mendorong bagaimana program KB dapat berjalan dengan baik," sebutnya.

Ia menilai pihak BKKBN tak akan bisa menjalankan programnya sendiri tanpa adanya bantuan dan keaktifan dari masyarakat.

"Dengan kegiatan inilah, kita akan pancing keaktifan masyarakat untuk ikut KB,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Syuir Syam, pihaknya meminta kepada masyarakat di Padang Panjang agar menyiapkan generasi yang berkualitas dibidang pendidikan ke depannya.

“Pendidikan untuk anak-anak kita sangat menentukan masa depannya, untuk itu persiapkanlah anak-anak untuk bisa mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya,” jelasnya. (*)
Editor: M R Denya
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar