Melalui Lomba Lintas Jalan Jauh, UNP Ikut Promosikan Wisata Sumbar

Pewarta : id lomba lintas jalan jauh

Peserta Lomba Lintas Jalan Jauh (LLJJ) XII yang digelar oleh Mahasiswa Pecinta Alam dan Lingkungan Hidup (MPALH) Universitas Negeri Padang Sumatera Barat melintasi etape pertama dari Alahan Panjang Kabupaten Solok menuju Taman Hutan Raya Bung Hatta Kota Padang, Sabtu (21/10). Kegiatan tersebut menempuh jarak 74 kilometer dari Kabupaten Solok menuju Kota Padang yang dibagi pada dua etape. ( ANTARA SUMBAR/Syahrul Rahmat/17.)

Padang, (Antara Sumbar) - Mahasiswa Pecinta Alam dan Lingkungan Hidup (MPALH) Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat menggelar Lomba Lintas Jalan Jauh (LLJJ) sebagai langkah memperkuat pariwisata di provinsi tersebut.

Ketua Panitia Pelaksana, Doris Weli di Padang, Minggu, mengatakan salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempromosikan pariwisata di Sumbar, terkhusus daerah yang menjadi jalur perlombaan.

"Melalui kegiatan ini kita ikut mempromosikan pariwisata di lokasi yang dilalui oleh para peserta yang datang dari beberapa wilayah di Indonesia," katanya.

Ia menyebutkan kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari yang dimulai dari tanggal 21 hingga 22 Oktober 2017 dan diikuti oleh 258 dari 86 tim dengan menempuh jarak 74 kilometer.

Dalam pelaksanaannya kegiatan ini terbagi pada dua etape. Etape pertama dimulai dari Alahan Panjang menuju Taman Hutan Raya (Tahura) Bung Hatta dengan menempuh jarak 42 kilometer.

Kemudian dilanjutkan dengan etape kedua dari Tahura menuju finish di UNP dengan menempuh jarak 32 kilometer.

"Dalam pelaksanaan LLJJ ke XII ini kami juga bekerja dengan beberapa instansi terkait, seperti Dinas Pariwisata Kabupaten Solok dan Dinas Pariwisata Kota Padang," ujarnya.

Kegiatan ini diikuti oleh para penggiat atau pecinta alam yang ada di Indonesia, mulai dari tingkat pelajar, mahasiswa dan juga umum.

"Kegiatan ini berskala nasional, akan tetapi yang berkesempatan untuk ikut berpartisipasi didominasi oleh peserta dari wilayah Sumatera, seperti Aceh, Sumut, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumsel dan wilayah Sumbar sendiri," kata dia.

Salah seorang peserta dari Pipala Alkahfi MAN 1 Bukittinggi, M Fahri MZ (16) mengatakan melalui kegiatan ini ia mendapat banyak pengalaman baru dan juga dapat bersilaturahmi dengan penggiat alam dari daerah lain.

"Menambah pengalaman adalah salah satu tujuan kami mengikuti kegiatan ini," katanya. (*)
Editor: M R Denya
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar