Baznas Dharmasraya Salurkan Beasiswa 812 Pelajar

id Beasiswa

Baznas Dharmasraya Salurkan Beasiswa 812 Pelajar

Wakil Bupati Amrizal (kedua kiri) didampingi Ketua Baznas A Gani (Kiri) menyerahkan secara simbolis beasiswa pendidikan ke pada 812 pelajaran Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, di Auditorium Kantor Bupati setempat, Senin (23/10). ( ANTARA SUMBAR/Ilka Jensen)

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, menyalurkan beasiswa pendidikan sebesar Rp487 juta melalui program Dharmasraya Cerdas kepada 812 pelajar SD, SMP, SMA di daerah itu.

"Bantuan beasiswa pendidikan merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada masyarakat, khususnya pelajar dalam memajukan pendidikan," kata Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal di Pulau Punjung, Senin.

Ia merinci pelajar SD 548, SMP 142, dan SMA 122. Masing-masing menerima beasiswa sebesar Rp600 ribu untuk membantu proses pendidikan yang sedang ditempuh.

Penyaluran beasiswa tersebut kata dia, diharapkan dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menempuh dunia pendidikan bagi pelajar.

"Pendidikan yang tinggi dan berkualitas diharapkan dapat mengubah kondisi pribadi keluarga, masyarakat luas, dan daerah," ujarnya.

Ia mengharapkan bantuan beasiswa tersebut benar-benar tepat sasaran sehingga yang menerima merasakan manfaatnya.

"Artinya dalam proses seleksi penerimaan bantuan harus dilakukan secara baik, jangan sampai yang tidak berhak mendapatkan malah menerimanya," ujarnya.

Ketua Baznas setempat, A Gani mengatakan anggaran beasiswa pendidikan dihimpun dari zakat Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah setempat, perusahaan, dan masyarakat Dharmasraya.

Baznas Dharmasraya setiap tahun rutin memberikan berbagai bantuan kepada masyarakat melalui beberapa program Baznas Dharmasraya salah satunya Dharmasraya Cerdas, kata dia.

Pihaknya mengatakan beasiswa tersebut hanya diberikan kepada pelajar yang memang kesulitan dari segi ekonomi, ujar dia.

"Calon penerima diseleksi secara profesional sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan dan tanpa ada intervensi dari pihak mana pun. Kami yakin yang menerima hari ini benar-benar yang membutuhkan," ungkapnya. (*)